PENERAPAN E-COMMERCE BUSINESS TO CONSUMER (B2C) MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS STUDI KASUS JOCYSPREI

  • Risky Hanif Nurhuda Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: jocysprei, wordpress, woocommerce, E-Commerce, Penjualan Seprai, Toko Jocysprei

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan internet yang semakin cepat, memiliki pengaruh besar terhadap transaksi bisnis, salah satunya adalah penjualan yang dilakukan secara online. E-commerce merupakan berbagai aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Jocysprei adalah sebuah bisnis yang bergerak di bidang penjualan bedcover dan seprai dengan proses produksi sendiri (homemade industri) yang memiliki nama brand “Jocy” berdiri sejak tahun 2001. Walaupun berada di kawasan sentral tekstil terbesar di kawasan Jabodetabek yaitu Cipadu, namun ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi. Permasalahan tersebut antara lain yaitu toko fisik hanya berada di satu tempat saja dan banyak pedagang yang menjual jenis produk serupa, selanjutnya berkurangnya potensi mendapatkan pelanggan baru dikarenakan potongan harga hanya diberikan kepada pelanggan lama. Selain itu, penggunaan sosial media Instagram saat ini mengalami kendala yaitu tidak adanya fitur untuk transaksi pada yang membuat pelanggan harus berintraksi terlebih dahulu melalui Instamessage ataupun direct message melalui WhatsApp, pelanggan juga kesulitan untuk mengetahui ketersediaan stok produk dikarenakan postingan produk yang ada pada Instagram hanya berbasis feed. Telah dilakukan penelitian untuk merancang bangun sistem e- commerce berbasis web dengan menggunakan plugin Woocommerce. Hal ini bertujuan untuk memudahkan toko dalam melakukan penjualan online sebagai alternatif penjualan melalui toko fisik dan Instagram. Selain itu dengan menggunakan sistem online dapat memperluas area pemasaran produk. Serta mempermudah pelanggan yang hendak berbelanja di toko Jocysprei tanpa harus datang langsung untuk menanyakan ketersediaan stok produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] J. Barata and Steven, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, Dan Kepuasan Konsumen terhadap Kepercayaan Konsumen Dalam Memilih Platfor, E-Commerce (Survey Pada Konsumen E-Commerce Shopee Di Pontianak),” 2022.
[2] K. N. Putra and R. W. Arifin, “Sistem Informasi Penjualan Bedcover Berbasis Website,” vol. 3, no. 1, pp. 13–22, 2018.
[3] A. Guntoro and G. Triyono, “Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Konveksi Gamis Tawakkal,” 2019.
[4] Azwar, Hamria, and E. Muksin, “Perancangan Sistem E-Commerce Berbasis Website Untuk Transaksi Penjualan Toko Pakaian Bumdes Limbato Kabupaten Boalemo,” J. Sist. Inf. Dan Tek. Komput., vol. 6.
[5] N. B. Sukamdani and W. Istuningsih, “Perancangan Strategi E-Comerce Berbasis Website Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus ‘Songketkito’ Kain Khas Palembang),” 2018.
[6] F. Nur Anisa and H. Irawan, Penerapan E-Commerce Sebagai Solusi Mempertahankan Usaha di Era Pandemi COVID-19 Studi Kasus: Bellatex. 2021.
[7] Mela Aryani, N. Gazali, and M. Sari, Metodologi Penelitian Olahraga. 2022.
[8] M. Wispandono, N. Imamah, and H. Yulistiyono, Penguatan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Berbasis Pemecahan Masalah. Deepublish, 2022.
[9] Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 302–309, Aug. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.
[10] D. I. Permatasari, M. Ardani, and A. Y. Ma’ulfa, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Metode Load Testing dengan Apache Jmeter pada Sistem Informasi Pertanian,” J. Sist. Inf. Dan Teknol. Inf., 2020.
Published
2023-01-12
How to Cite
[1]
R. Nurhuda and H. Irawan, “PENERAPAN E-COMMERCE BUSINESS TO CONSUMER (B2C) MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS STUDI KASUS JOCYSPREI”, IDEALIS, vol. 6, no. 1, pp. 17-26, Jan. 2023.

Most read articles by the same author(s)