ANALISIS DAN PERANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PASIEN KLINIK PINANGSIA

  • Wildan Dainuri Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Electronic Customer Relationship Management (E-CRM), Klinik Pinangsia, Loyalitas Pasien

Abstract

Klinik Pinangsia adalah institusi perawatan kesehatan masyarakat kecil yang dibuat untuk memberikan bantuan kepada pasien. Permasalahan yang dialami oleh pihak klinik yaitu perlunya aplikasi CRM berbasis website guna menangani keterlambatan janji temu dokter di situs, masih belum bisa mendaftar secara online, belum tersosialisasinya informasi asuransi, belum tersosialisasinya komplain, belum tersosialisasinya tentang event. Oleh karena itu penulis berjudul “Analisisa dan Perancangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Meningkatkan Loyalitas Pasien Di Klinik Pinangsia”. Sebelum merancang aplikasi, penulis membuat analisis guna menagmbil informasi serta data. sesudah dianalisis, diimplementasikan menggunakan, PHP, HTML serta MySql. Hasil penelitian tersebut berharap bisa menangani masalah pada klinik Pinangsia, kemudian bisa meningkatkan loyalitas pasien untuk percaya kesehatan dirinya kepada klinik Pinangsia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. A. Rochman Abdur, Tullah Rahmat, “Perancangan Sistem Informasi Data Pasien Di Klinik Aulia Medika Pasarkemis,” Sisfotek Glob., Vol. 9, No. 1, Pp. 1–6, 2019.
[2] A. Fauzi And E. Harli, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui Crm Dengan Metode Rad,” J. Resti (Rekayasa Sist. Dan Teknol. Informasi), Vol. 1, No. 1, Pp. 76–81, 2017, Doi: 10.29207/Resti.V1i1.16.
[3] A. Sahi, “Aplikasi Test Potensi Akademik Seleksi Saringan Masuk Lp3i Berbasis Web Online Menggunakan Framework Codeigniter,” Tematik, Vol. 7, No. 1, Pp. 120–129, 2020, Doi: 10.38204/Tematik.V7i1.386.
[4] N. A. Nurlia, F. Hikmah, N. Nuraini, And A. Deharja, “Perancangan Sistem Informasi Reminder Kehadiran Kegiatan Posyandu Berbasis Sms Gateway Di Posyandu Cateliya 13 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember,” J. Kesehat.,
Vol. 6, No. 1, Pp. 34–41, 2019, Doi: 10.25047/J-Kes.V6i1.35.
[5] D. Sudana And A. W. R. Emanuel, “Crm 2.0 Sebagai Strategi Layanan Rumah Sakit Kelas C Terhadap Pasien Bpjs – Kis,” J. Inform., Vol. 6, No. 2, Pp. 236–245, 2019, Doi: 10.31311/Ji.V6i2.5872.
[6] V. Rosalina And T. Nurhadiyan, “Pemodelan Electronic Customer Relationship Management ( E-Crm ) Pada Rumah Sakit,” J. Prosisko, Vol. 5, No. 2, Pp. 1–5, 2018.
[7] K. S. Erwantoni, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Jasa Perbaikan Komputer Berbasis Web Pada Iptek Komputer Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” J. Manaj. Sist. Inf., Vol. 2, No. 1, Pp. 327–344, 2017.
[8] R. S. P. Iwan Purnama, Ali Akbar Ritonga, Rahmadani Pane, Budianto Bangun, “Perancangan Sistem Informasi Data Bahan-Bahan Material Sinar, U D Sigambal, Baru,” J. Comput. Sci. Inf. Technol., Vol. 1, No. 1, Pp. 1–7, 2020.
[9] M. Yusdistira, “Rancangan Sistem Informasi Untuk Solusi Permasalahan Rumah Ibadah,” 2020.
[10] A. A. Rizky And I. Ramdhani, “Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Berbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql Di Pt. Ria Indah Mandiri,” J. Manaj. Inform., Vol. 9, No. 1, Pp. 49–57, 2019, Doi: 10.34010/Jamika.V9i1.1651.
Published
2023-01-12
How to Cite
[1]
W. Dainuri and S. Samsinar, “ANALISIS DAN PERANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PASIEN KLINIK PINANGSIA”, IDEALIS, vol. 6, no. 1, pp. 37-46, Jan. 2023.

Most read articles by the same author(s)