ANALISIS SISTEM PENJUALAN DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA APLIKASI SHOPEE
Abstract
E-Commerce merupakan transaksi bisnis yang meliputi transfer maupun serah terima kepemilikan hak atas suatu barang atau jasa dengan menggunakan internet. Transaksi bisnis yang dimaksud meliputi pembelian dan penjualan barang serta jasa melalui internet. Shopee berfokus kepada sistem penjualan dan Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan kualitas perusahaan dalam bersaing dengan aplikasi e-commerce besar lainnya. Shopee Indonesia telah menerapkan strategi CRM ini di salah satu platform yaitu jejaring sosial Instagram. Hal ini dilakukan oleh Shopee dengan tujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan adalah Observasi, Kuesioner, dan Studi Literatur serta menggunakan tool Microsoft Visio 2019 dalam membantu teknik analisis data. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sistem penjualan dan penerapan CRM aplikasi Shopee saat ini berdampak positif untuk perusahaan dalam menjangkau lebih banyak userbaru serta meningkatkan loyalitas user, berdampak positif juga untuk userdalam memperluas usaha nya serta terjadinya peningkatan penjualan produk melalui online.
Downloads
References
[2] I. Cristin, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Fitur Shopee Paylater Terhadap Loyalitas Pelanggan,” Pengaruh Kepuasan Pengguna Fitur Shopee Paylater Terhadap Loyal. Pelangg., 2020.
[3] M. Desti Dirnaeni, SE., “Promosi, Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Shopee Pay,” Jur. Manajemen, Fak. Ekon. Univ. Gunadarma, p. 13, 2020, [Online]. Available: https://docplayer.info/193355455-Promosi-customer-relationship-management-dan-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-pengguna-shopee-pay.html
[4] N. D. Dewi, “PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANSECARA ONLINEMENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE (Studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo),” J. EKOMAKS J. Ilmu Ekon. Manajemen, dan Akunt., vol. 8, no. 1, pp. 25–32, 2019, doi: 10.33319/jeko.v8i1.29.
[5] E. Japarianto and S. Adelia, “Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee,” J. Manaj. Pemasar., vol. 14, no. 1, pp. 35–43, 2020, doi: 10.9744/pemasaran.14.1.35-43.
[6] S. J. Nurfitriyani, “Perbedaan E-Business dan E-Commerce,” 2020. https://sis.binus.ac.id/2020/08/27/perbedaan-e-business-dan-e-commerce/
[7] G. Pratama, “Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee,” J. Ekon. dan Bisnis Islam J. Ecopreneur Anal., vol. 1, pp. 21–34, 2020.
[8] H. K. dan I. Rachmawati, “PENGARUH AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SHOPEE,” vol. 7, no. 2, pp. 2220–2237, 2020.
[9] Santoso, G. Melisa, and I. A. Sitanggang, “Perancangan Website E-Commerce Ineed.Id,” Tek. Inform., vol. 14, no. 1, pp. 19–23, 2022.
[10] S. Susanti, “Pengaruh Program Customer Relationship Management (CRM) Koin Shopee terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee,” 2020, [Online]. Available: https://kc.umn.ac.id/13438/
Copyright (c) 2023 Helen Agustin Puspa Damayanti, Heri Kurniawan, Hendra Mayatopani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.