PENGEMBANGAN WEBSITE KALKULATOR KEUANGAN PADA UMKM UD. TAMPOK-TAMPOK

  • Anita Febriany Lumban Gaol Manajemen Rekayasa, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Del
  • Wesly Mailander Siagian Manajemen Rekayasa, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Del
Keywords: Kalkulator Keuangan, Laporan Keuangan, Metode Scrum, UMKM, PHP

Abstract

Minimnya kemampuan UMKM dalam melakukan pencatatan keuangan dan membuat laporan keuangan telah menjadi masalah pelik bagi pengusaha UMKM. Laporan keuangan berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk menganalisis kinerja keuangan untuk memberikan informasi tentang posisi keuangan dan arus kas untuk suatu periode tertentu. Permasalahan ini juga dirasakan oleh UMKM UD Tampok-Tampok. Hal ini tentu mempengaruhi kelangsungan usaha di masa yang akan datang, karena pemilik usaha tidak dapat mengetahui secara pasti berapa keuntungan yang diperolehnya dalam jangka waktu tertentu dari usaha yang dikelolanya, sehingga rencana usaha ke depan tidak dapat dibuat dengan pasti. Oleh sebab itu, untuk menyelesaikan masalah ini maka peneliti bertujuan memberikan solusi bagi permasalahan UD Tampok-Tampok dengan membuat kalkulator keuangan berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Metode yang digunakan dalam pengembangan web kalkulator keuanganini adalah dengan menggunakan metode Scrum. Dengan dibuatnya sistem ini, maka membantu UD Tampok-Tampok dalam mencatat dan membuat laporan keuangan untuk menunjang kebutuhan bisnis guna mengembangkan bisnisnya serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dan juga biaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ariadin dan A. T. Safitri, Perilaku Manajemen Keuangan pada UMKM Sentra Kerajinan Kayu di Kabupaten Dompu. Jurnal Among Makarti, vol. 14, no. 1, pp. 31-43, 2021.
[2] I. Hidayat, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Prisma,vol. 1, no. 2, pp. 112-121, 2020.
[3] F. Lakoro, Literasi Dan Model Manajemen Keuangan Umkm Berbasis Digital Pada Umkm-Umkm Di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Journal of Applied ManagerialAccounting, vol. 5, no. 2,pp. 45-55, 2021.[4] N. A. Kholilah dan R. Iramani, Studi Financial Management Behavior Pada Masyarakat Surabaya. Journal of Business and Banking,vol. 3, no. 1, pp. 69-80, 2013.
[5] Y. Sembiring dan D. Elisabeth, Penerapan Sistem Akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Toba Samosir, Jurnal Manajemen, vol. 4, pp. 131-143, 2018.[6]W. C. Putri, L. Lindawati, A. Anggraini, S. Hanah dan I. Indrawati, Menciptakan UMKM Handal Melalui Tertib Laporan Keuangan, Jurnal ABDIMAS, vol. 2, no. 3, pp. 108-115, 2021.
[7] S. H. Nova, A. P. Widodo dan B. Warsito, Analisis Metode Agile pada Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website : Systematic Literature Review, Techno.COM, vol. 2, no. 1, pp. 139-148, 2022.
[8] H. R. Suharno, N. Gunantara dan M. Sudarma, Analisis Penerapan Metode Scrum Pada Sistem Informasi Manajemen Proyek Dalam Industri & Organisasi Digital, Majalah Ilmial Teknologi Elektro, vol. 19, no. 2, 2020.
[9] Suhartini, M. Sadali dan Y. K. Putra, Sistem Informasi Berbasis Web Sma Al-Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis Php Dan Mysql Dengan Framework Codeigniter, Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, vol. 3, no. 1, pp. 79-84, 2020.
[10] Y. Anggraini, D. Pasha, Damayanti dan A. Setiawan, istem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framewok Codeigniter(Studi Kasus : Orbit Station), Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI),vol. 1, no. 2, pp. 64-70, 2020.
Published
2023-07-15
How to Cite
[1]
A. Lumban Gaol and W. Siagian, “PENGEMBANGAN WEBSITE KALKULATOR KEUANGAN PADA UMKM UD. TAMPOK-TAMPOK”, IDEALIS, vol. 6, no. 2, pp. 127-137, Jul. 2023.
Section
Table of Content