GGS-SPEED : APLIKASI INOVATIF EKONOMI DIGITAL SEBAGAI TEROBOSAN ONLINE SERVICE GUNA PENGEMBANGAN UMKM MASYARAKAT TELANG
Abstract
Penjualan yang baik dapat meningkatkan penghasilan jika diiringi dengan pemasaran yang terkonsep. Teknologi tentu sangat berperan dalam meningkatkan target market, sehingga tak jarang pelaku UMKM yang memanfaatkan teknologi sebagai batu loncatan untuk dapat memperluas pangsa pasar. Internet dapat mengubah pola bisnis dari tradisional atau konvensial menjadi layanan digital yang kita kenal sebagai atau e-commerce. Salah satu penerapan sistem elektronik dalam operasional bisnis adalah GGS-SPEED, yang dengan mudah mengakses aplikasi ini, mampu merangkul pasar di daerah Telang Bangkalan khususnya, dan Indonesia umumnya. Ide awal dari dikembangkannya aplikasi ini yaitu melihat makin maraknya pelaku UMKM di Desa Telang, akan tetapi masih belum ada suatu platform resmi yang mengimbanginya. GGS-SPEED sebagai salah satu aplikasi inovatif yang banyak membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan suatu usahanya. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan studi pustaka dan wawancara. Data penelitian dikumpulkan melalui analisis artikel, buku, dan berbagai sumber yang relevan dengan subjek penelitian. Guna mengetahui efektivitas aplikasi ini bagi pelaku UMKM di Telang, kami melakukan pengamatan langsung dan melakukan wawancara dengan pihak terkait hasil penelitian ini mengungkap bahwa GGS-SPEED dinilai sudah efektif dalam meningkatkan penjualan dan pengembangan suatu bisnis para pelaku UMKM. Pelaku UMKM yang sudah bergabung menjadi mitra di GGS-SPEED terbukti mampu menghasilkan hasil yang positif dengan memberikan dampak peningkatan pendapatan secara signifikan. Tidak hanya pelaku UMKM yang terbantu, namun juga para mahasiswa dengan adanya fitur pesan antar.
Downloads
References
[2] D. Untari and D. E. Fajariana, “Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik),” Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, vol. 2, no. 2, pp. 271–278, 2018.
[3] E. Winarni and A. Mahsun, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Sidoarjo,” Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), vol. 3, no. 3, pp. 51–66, 2021.
[4] E. S. Setiyorini, B. P. Noorachmat, and M. Syamsun, “STRATEGI pemasaran produk olahan hasil perikanan pada UMKM Cindy Group,” MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, vol. 13, no. 1, pp. 19–28, 2018.
[5] C. I. Aulia Mutiara Hatia Putri, “Jumlah UMKM Capai 8,71 Juta, Bisa Jadi ‘Tameng’ Resesi?,” CNBC Indonesia, Feb. 07, 2023.
[6] W. Febriantoro, “Kajian dan strategi pendukung perkembangan e-commerce bagi UMKM Di Indonesia,” Jurnal Manajerial, vol. 17, no. 2, p. 184, 2018.
[7] A. F. Falaq and F. Asj’ari, “Keberadaan Ojek Online Dalam Meningkatkan Perkembangan UMKM Di Kota Surabaya,” Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), vol. 2, no. 1, pp. 313–320, 2021.
[8] B. Arianto, “Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19,” ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), vol. 6, no. 2, pp. 233–247, 2020.
[9] D. Fitriani, “Peranan IT dalam Guna Mendorong Semangat Kewirausahaan Generasi Muda dengan Penerapan E-commerce,” SINDIMAS, vol. 1, no. 1, pp. 38–42, 2019.
[10] A. Tirtana, A. Zulkarnain, B. K. Kristanto, S. Suhendra, and M. A. Hamzah, “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 14, no. 2, pp. 101–108, 2020.
[11] F. Redjeki and A. Affandi, “Utilization of Digital Marketing for MSME Players as Value Creation for Customers during the COVID-19 Pandemic,” International Journal of Science and Society, vol. 3, no. 1, pp. 40–55, 2021.
[12] E. Turban, J. Outland, D. King, J. K. Lee, T.-P. Liang, and D. C. Turban, “A Managerial and Social Networks Perspective Ninth Edition”.
[13] G. M. Marakas and J. A. O’Brien, Introduction to information systems. McGraw-Hill/Irwin New York, 2014.
[14] A. F. Falaq and F. Asj’ari, “Keberadaan Ojek Online Dalam Meningkatkan Perkembangan UMKM Di Kota Surabaya,” Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), vol. 2, no. 1, pp. 313–320, 2021.
[15] R. Fachrozie, G. R. Hrp, and N. Nurbaiti, “Masa Depan E-Business Di Indonesia (Studi Kasus: PT. Gojek Indonesia),” Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), vol. 2, no. 2, pp. 206–213, 2021.
[16] L. J. Moleong, “Metode penelitian kualitatif.” Bandung: remaja rosdakarya, 2007.
[17] M. Yusri, “Pengoperasian Penelitian Naratif dan Etnografi; Pengertian, Prinsip-Prinsip, Prosedur, Analisis, Intepretasi dan Pelaporan temuan,” As-Shaff: Jurnal Manajemen dan Dakwah, vol. 1, no. 1, pp. 24–34, 2020.
[18] Prof. Dr. Conny R. Semiawan, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo, 2013.
[19] S. Sugiyono, “Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D,” Bandung: Cv. Alfabeta, 2019.
[20] M. A. Zakariah, V. Afriani, and K. H. M. Zakariah, METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, 2020.
Copyright (c) 2023 Amanda Selfia Nuraini, Yunnita Cahyaningrum, Moch. Sunardi, Sofiantur Rohmah; Citra Nur Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.