SISTEM INFORMASI RAGAM BATIK DI INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
Abstract
Perkembangan teknologi seiring bertambahnya tahun semakin berkembang pesat dalam aspek kehidupan. Salah satunya dalam bidang pendidikan. Dengan hal ini banyak orang memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai media pembelajaran. Salah satunya dengan pembelajaran multimedia interaktif. Dengan memanfaatkan media pembelajaran multimedia interaktif sebagai pengenalan ragam batik di Indonesia. Dengan sistem informasi berupa media ini dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari berbagai ragam batik. Batik merupakan warisan budaya asli Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang wajib dilestarikan. Seiring bertambahnya waktu batik semakin dikenal pesat, namun banyak dari kalangan muda mudi saat ini yang kurang meminati. Salah satunya dikarenakan batik yang dianggap kuno dan kurang kekinian. Hal lain juga dikarenakan kurangnya sarana atau fasilitas pembelajaran batik. Dengan adanya permasalahan tersebut, tujuan kami yaitu melakukan penelitian membuat media pembelajaran untuk mengenal batik agar lebih dikenal orang banyak terutama kalangan muda mudi, tidak dianggap sepele dan melestarikan budaya Indonesia ini yaitu Batik. Media pembelajaran tersebut dikembangan melalui multimedia interaktif melalui sarana Macromedia Flash berupa animasi, text, video, dan audio. Berisi mengenai pengertian batik, sejarah singkat dari beberapa batik, filosofi, dan tutorial pembuatan batik tersebut. Menggunakan metode Research and Development (R & D) sebagai pengujian observasi. Metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan dari produk tersebut. Dengan mendapatkian hasil dari pengujian terhadap mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto kelas MM4 tahun ajaran 2021/2022 dengan melakukan tes coba skala kecil yaitu 20 mahasiswa dan skala besar yaitu 40 mahasiswa. Didapatkan bahwa tanggapan mahasiswa mengenai media pembelajaran Batik Indonesia berada pada kriteria sangat baik yaitu 84%. Sesuai dengan kriteria interprestasi nilai tanggapan mahasiswa menunjukkan kelayakan pengunaan media pembelajaran jika mendapatkan hasil sama dengan atau lebih dari 63%.
Downloads
References
[2] D. Institut, A. Islam, and A. Indonesia, “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI ERA 4 . 0,” pp. 1–23.
[3] D. M. Elisabeth, “Kajian Terhadap Peranan Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Audit Komputerisasi (Studi Kajian Teoritis),” METHOMIKA J. Manaj. Inform. Komputerisasi Akunt., vol. 3, no. 1, p. 41, 2019.
[4] Hariman Bahtiar, “Sistem Informasi Wisata dan Budaya Pulau Lombok dengan Multimedia Intraktif Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisata,” Adv. Opt. Mater., vol. 10, no. 1, pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.1103/PhysRevB.101.089902%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.nantod.2015.04.009%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-018-05514-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-019-13856-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-14365-2%0Ahttp://dx.doi.org/1
[5] H. T. SIHOTANG, “Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan,” vol. 3, no. 1, pp. 6–9, 2019, doi: 10.31227/osf.io/bhj5q.
[6] M. I. Fitri Yanty Muchtar, Nasrah, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan,” J. Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1683–1688, 2021.
[7] F. Armansyah, S. Sulton, and S. Sulthoni, “Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 224–229, 2019, doi: 10.17977/um038v2i32019p224.
[8] I. D. Kurniawati and S.- Nita, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” DoubleClick J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, p. 68, 2018, doi: 10.25273/doubleclick.v1i2.1540.
[9] dan M. H. Debrina Puspita Andriani, Unggul Setiaji, “OPTIMASI PARAMETER KETAHANAN LUNTUR BATIK TERHADAP KERINGAT DENGAN DESAIN EKSPERIMEN TAGUCHI OptimizationofColorResistanceParametersinPerspirationforBatikUsingTaguchi,” Din. Kerajinan dan Batik Maj. Ilm., vol. 37, no. 1, pp. 41–54, 2020, doi: 10.22322/dkb.V36i1.4149.
[10] H. Fonda, “Klasifikasi Batik Riau Dengan Menggunakan Convolutional Neural Networks (Cnn),” J. Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 7–10, 2020, doi: 10.33060/jik/2020/vol9.iss1.144.
[11] I. W. Sumandya, I Wayan dan Widana, “Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK,” AKSIOMA J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 244–253, 2019.
[12] I. W. Sumandya, “Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK,” AKSIOMA J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 244–253, 2019, doi: 10.26877/aks.v10i2.4704.
[13] M. Barisan, D. Kelas, and X. I. Sma, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional pada”.
[14] N. Popi Radyuli, Rini Sefriani, “Pengujian Validitas Media Pembelajaran SIMKOMDIG Berbasis Mobile Aplication Menggunakan App Inventor,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 80–86, 2019.
[15] A. Fakhri, T. Hidayat, and Djamaludin, “Sistem Informasi Manajemen Pembudidayaan Ikan Lele Menggunakan Metode Research and Development,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 53–58, 2021, doi: 10.30656/jsii.v8i1.3016.
[16] (2018), Akurat.co. [Online]. Available: https://akurat.co/ini-penyebab-batik-kurang-diminati-anak-muda
Copyright (c) 2023 Putri Nabilah Sarwenty, Mochamad Ravy Raspati, Laeli Lutfiana Aksaningtyas, Beny Alphon Tondang, Virginawan Alessandro Chevin, RR Michelle Dewi Saraswati, Dasril Aldo, S.Kom., M.Kom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.