LKPM-NOTIFICATION: APLIKASI MARKETING SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN REALISASI INVESTASI DI PROVINSI GORONTALO

  • Syamsul B Biki Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Mentari Rizki Sawitri Pilomonu Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Andi Yusniar Mendo Manajemen, Fakultas Ekonomi, Univeritas Negeri Gorontalo
  • Chandra Abas Manajemen, Fakultas Ekonomi, Univeritas Negeri Gorontalo
  • Adwiyah Kadir Manajemen, Fakultas Ekonomi, Univeritas Negeri Gorontalo
Keywords: aplikasi, investasi, LKPM, marketing, prototype

Abstract

Indonesia memiliki target yang harus diselesaikan secara bersama termasuk target pemulihan ekonomi pasca pandemic covid-19. Demi mewujudkan investasi yang berkelanjutan, peneliti memiliki rancangan konsep dan prototype yang akan menjawab tantangan realisasi investasi di Provinsi Gorontalo. Penelitian ini akan berfokus pada perancangan aplikasi yang bisa membantu meningkatkan kesadaran para investor agar bisa patuh dalam melaporkan Laporan kegiatan penanaman modal di aplikasi resmi OSS (online single submission). Persoalan dilapangan sering ditemui para investor tidak melaporkan LKPM dan hal tersebut otomatis mempengaruhi laporan dan data realisasi investasi di  suatu daerah. Untuk meminimalisir ketidakpatuhan para investor dalam melaporkan LKPM maka peneliti memiliki alternatif berupa rancangan pembuatan aplikasi i-notif atau investor notification. Dalam penelitian ini, kami menyusun sebuah rancangan berupa prototype aplikasi yang akan berperan pada peningkatan customer engagement. Melihat pada kasus ketidak disiplinya para pelaku usaha, maka sudah sepantasnya DPM PTSP dan BKPM melakukan terobosan agar mereka bisa lebih disiplin seperti halnya costumer engagement. I-notif dirancang dalam bentuk aplikasi content broadcasting. Penelitian ini menggunakan metode prototyping. Hal ini bertujuan untuk mendukung stabilitas investasi di Provinsi Gorontalo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] F. Ekonomi, U. Lampung, F. Y. Afif, F. Ekonomi, and U. Lampung, “Daya Saing dan Foreign Direct Investment,” pp. 52–59, 2020.
[2] D. Juliana, “Pembubaran Perseroan Terbatas ( PT ) Penanaman Modal Asing Menurut Hukum Positif di Indonesia,” 2023.
[3] C. Sumirat, “Investasi di Gorontalo Tahun 2022 Naik 20,9 Persen, Realisasi Rp2,59 Triliun,” 2023.
[4] F. A. Handayani et al., “STRATEGI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) DALAM MENINGKATKAN INVESTASI DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT,” 2021.
[5] C. Niculaescu, I. Sangiorgi, and A. R. Bell, “Does Personal Experience with COVID-19 Impact Investment Decisions? Evidence from a Survey of US Retail Investors,” SSRN Electron. J., vol. 88, no. December 2022, p. 102703, 2022, doi: 10.2139/ssrn.4294079.
[6] A. Romatua, “Strategi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) dalam Meningkatkan Investasi Masa Pandemi Covid-19 di Kota Dumai,” vol. 1, no. 3, 2022.
[7] Ni luh Anggela, “Kejar target investasi Rp1.250 Triliun pada 2023, ini strategi BKPM ,” Jun. 2022.
[8] SORAYA GHYNA ADANI, “BUZZER MEDIA SOSIAL DAN CUSTOMER ENGAGEMENT PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR (Analisis Deskriptif Kualitatif Buzzer Media Sosial dalam membangun Customer Engagement Terhadap Pelajar,” vol. lim, no. 2009, pp. 1–25, 2002.
[9] Amelia, “Manfaatkan Marketing Tools, Jadi Alat Krusial untuk Campaign,” Jan. 2023.
[10] A. E. Fitrianto, I. Wagini, K. Sri, W. Ariningsih, A. Wahyu, and O. Adreansyah, “PENGARUH INOVASI PRODUK DAN MARKETING TOOLS TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PRODUK FASHION PADA TOKO LAPAK SEPATU MEDAN,” 2022.
[11] I. Dadová and J. Soviar, “The application of online marketing tools in marketing communication of the entities with the tourism offer in 2020 in Slovakia,” Transp. Res. Procedia, vol. 55, no. 2019, pp. 1791–1799, 2021, doi: 10.1016/j.trpro.2021.07.170.
[12] R. T. Aldisa and A. Arofi, “Penerapan Metode Prototyping Pada Perancangan Sistem Layanan Pengaduan Berbasis Website,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, p. 373, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.3963.
[13] J. Pollard et al., “Implementing a circular economy business model canvas in the electrical and electronic manufacturing sector: A case study approach,” Sustain. Prod. Consum., vol. 36, pp. 17–31, 2023, doi: 10.1016/j.spc.2022.12.009.
[14] A. E. Pratama, F. Ekonomi, and U. Brawijaya, “ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN BMC (BUSINESS MODEL CANVAS) Adam,” vol. 1, no. 2, pp. 163–169, 2022.
[15] D. D. Aulia, S. Aminah, and D. Sundari, “Perancangan Prototype Tampilan Antarmuka Berbasis Web Mobile Pada Toko Amira Kosmetik,” J. Ilm. Ilk. - Ilmu Komput. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 29–40, 2022, doi: 10.47324/ilkominfo.v5i1.134.
[16] Y. Yanfi and P. D. Nusantara, “UI/UX design prototype for mobile community-based course,” Procedia Comput. Sci., vol. 216, no. 2022, pp. 431–441, 2023, doi: 10.1016/j.procs.2022.12.155.
[17] L. Setiyani, “Desain Sistem : Use Case Diagram,” Pros. Semin. Nas. Inov. Adopsi Teknol. 2021, no. September, pp. 246–260, 2021.
[18] E. Novalia and A. Voutama, “Black Box Testing dengan Teknik Equivalence Partitions Pada Aplikasi Android M-Magazine Mading Sekolah,” Syntax J. Inform., vol. 11, no. 01, pp. 23–35, 2022, doi: 10.35706/syji.v11i01.6413.
Published
2023-07-15
How to Cite
[1]
S. Biki, M. Sawitri Pilomonu, A. Mendo, C. Abas, and A. Kadir, “LKPM-NOTIFICATION: APLIKASI MARKETING SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN REALISASI INVESTASI DI PROVINSI GORONTALO”, IDEALIS, vol. 6, no. 2, pp. 117-126, Jul. 2023.
Section
Table of Content