IMPLEMENTASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA MIE AYAM DJOEDES WADASSARI

  • Abednego Berly Dewa Nagari Universitas Budi Luhur
  • Anita Diana Universitas Budi Luhur
  • Dwi Achadiani Universitas Budi Luhur
Keywords: Electronic Customer Relationship Management, loyalitas pelanggan, sistem informasi penjualan

Abstract

Pelanggan merupakan aset paling utama dalam perusahaan, maka dari itu perusahaan harus mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, yang nantinya pelanggan dapat terus menerus berlangganan dan tidak berpaling dari perusahaan lain. Hal itu dapat dicapai dengan mengimplementasikan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) ke dalam perusahaan yang nantinya dapat membantu meningkatkan pelayanan dan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Mie Ayam Djoedes Wadassari merupakan sebuah usaha rumah makan yang bergerak di bidang kuliner makanan mie super pedas dan berkualitas untuk pelanggan. Banyak hal yang membuat rumah makan ini menjadi kurang efisien, dikarenakan beberapa masalah seperti usaha rumah makan ini ingin menjalin hubungan antara rumah makan dengan pelanggan, akan tetapi rumah makan belum memiliki fitur feedback atau testimoni dan keluhan dari pelanggan, sehingga usaha rumah makan ini tidak mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, belum adanya fitur tentang potongan harga kepada pelanggan, pencatatan data pelanggan maupun transaksi masih konvensional atau menggunakan pembukuan, hal tersebut dapat memungkinkan resiko hilangnya data transaksi dikarenakan tidak adanya sistem otomatis yang mengatur. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan sebuah website yang mempunyai fitur Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggannya. Metode yang digunakan yaitu pengumpulan data dengan observasi, wawancara, analisa dokumen dan studi pustaka, serta analisa dan perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil dari penelitian ini yaitu dengan adanya website tersebut, usaha rumah makan dapat lebih mudah dalam melihat tingkat kepuasan pelanggan mengenai produk dan memungkinkan mendapatkan pelanggan baru

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Hariyanto, N. Nugroho, and M. Fahrizal, “RANCANG BANGUN E-CRM DENGAN PENDEKATAN FRAMEWORK OF DYNAMIC BERBASIS WEB,” Portaldata.org, vol. 3, no. 2, 2021.
[2] S. P. Dewi and S. Riyadi, “PENERAPAN E-CRM PADA RUMAH MAKAN AYAM BAKAR WONG SOLO SAMPIT BERBASIS WEB,”
[3] A. M. Ariska, N. Irawati, and A. Muhazir, “Penerapan Elektronik Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Penjualan Roti Berbasis Web,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 6, no. 2, p. 1090, Apr. 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.4002.
[4] L. Nabil, A. Aziz, and H. Patrie, “IMPLEMENTASI E-CRM UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA MIE AYAM & BAKSO MONGGO PINARAK,” IDEALIS, vol. 2, no. 6, p. 383, 2019.
[5] M. A. F. N. Supriyono, “IMPLEMENTASI CRM BERBASIS E-COMMERCE PADA RUMAH MAKAN ULAM SARI KUDUS,” Jurnal SIMETRIS, vol. 11, no. 1, 2020.
[6] K. Yulistina Veronika Nababan, D. Hasibuan, and M. Yohanna, “METHOSISFO: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Perancangan Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Pada COC Cafe Dengan Menerapkan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Mobile,” METHOSISFO: Jurnal Ilimiah Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 51–58, 2022, [Online]. Available: http://ojs.fikom-methodist.net/index.php/METHOSISFO
[7] N. C. A. Nurkholis, “APLIKASI E-CRM UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN DAN PENJUALAN BERBASIS MOBILE,” Teknologiterkini.org, vol. 3, no. 1, 2023.
[8] D. Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek Kurniawan Gultom, M. Arif, and M. Fahmi, “MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen,” MANEGGIO: Jurnal Ilimiah Magister Manajemen, vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.30596/maneggio.v3i2.5290.
[9] L. Setiyani, G. T. Liswadi, and A. Maulana, “Proses Pengembangan Proses Bisnis Transaksi Penjualan pada Toko Erni Karawang,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 16, no. 4, pp. 39–45, Jan. 2022, doi: 10.35969/interkom.v16i4.189.
[10] Y. T. Sepis, “ANALISA KEAMANAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DENGAN DOMAIN DSS05 DAN APO13 DI PT XYZ SECURITY ANALYSIS OF INFORMATION SYSTEM USING FRAMEWORK COBIT 5 WITH DOMAIN DSS05 AND APO13 IN PT XYZ,” Jurnal TeIKa, vol. 12, no. 1, 2022.
[11] N. I. Yusman, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ORIENTASI OBJEK MENGGUNAKAN STAR UML DI CV NIASA BANDUNG,”
[12] A. A. Chalik and Y. Osira, “Manajemen Perpustakaan Universitas Bengkulu Untuk Meningkatkan Pelayanan Sosial Terhadap Pemustaka Melalui Analisis Diagram Ishikawa,” Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 5, no. 2, p. 155, Dec. 2021, doi: 10.29240/tik.v5i2.2170.
[13] J. Hasil et al., “Implementasi Metode Failure Mode Effect and Analisys (FMEA) Pada Siklus Air PLTU,” Jurnal Teknik Industri, vol. 8, no. 2, p. 2022, 2022.
[14] I. Imron, M. N. Afidah, M. S. Nurhayati, S. Sulistiyah, and F. Fatmawati, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mesin Sepeda Motor Transmission Automatic dengan Metode Forward Chaining Studi Kasus: AHASS 00955 Mitra Perdana,” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, vol. 19, no. 3, pp. 544–553, Oct. 2019, doi: 10.33087/jiubj.v19i3.742.
[15] M. S. M. K. Sujono, “Prototipe Aplikasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Darma Karya Pangkalpinang Babel,” Jurnal SISFOKOM, vol. 08, no. 01, 2019.
Published
2024-01-15
How to Cite
[1]
A. Nagari, A. Diana, and D. Achadiani, “IMPLEMENTASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA MIE AYAM DJOEDES WADASSARI”, IDEALIS, vol. 7, no. 1, pp. 21-30, Jan. 2024.