RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN AIR CURAH PADA MATA AIR PURBA

  • Lydia Salvina Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sismadi Sismadi Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta, Indonesia
  • Nurhikmah Nurhikmah Sistem Informasi , Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas Bina Sarana Informatika PSDKU Bogor, Jakarta, Indonesia
Keywords: Entity Relationship Diagram, Java, Penjualan, Sistem Informasi, Unified Modeling Language, Waterfall

Abstract

Mata Air Purba adalah perusahaan swasta yang bisnisnya bergerak di bidang penjualan air bersih. Perusahaan ini mengalami perkembangan pesat dengan bertambahnya jumlah pelanggan dan daerah pengiriman air bersih setiap bulannya. Kesulitan dalam proses merekap dokumen pemesanan yang banyak, menjadi latar belakang untuk membangun sistem informasi yang dapat menyimpan data secara baik dan aman dalam jumlah besar. Pengembangan sistem penjualan menjadi sistem informasi penjualan mempergunakan metode System / Software Development Life Cycle  tipe Waterfall dan pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, serta studi literasi. Tipe Waterfall terdiri dari empat tahap pengembangan,yaitu : analisa, perancangan, pembuatan kode program, dan pengujian. Pada tahap perancangan, peneliti mempergunakan Unified Modelling Language dan Entity Relationship Diagram dalam pembuatan basis data serta sistem berorientasi objeknya. Perancangan layar antar muka pun dibuat agar mudah digunakan oleh pengguna sistem informasi saat melakukan transaksi. Form Input dan Form Output digunakan untuk memasukkan data dari pengguna sistem dan menghasilkan beberapa bentuk laporan yang dibutuhkan. Sistem Informasi penjualan air bersih ini dibuat dengan bahasa pemrograman Java, berbasiskan website sehingga pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui daring dimanapun mereka berada. Sistem informasi penjualan air curah ini juga menghasilkan beberapa laporan penjualan yang bersifat akurat serta terbaru sehingga dapat dipergunakan oleh pihak manajemen perusahaan dalam proses pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Fakhriyah, Yeyendra, and A. Marianti, “Integrasi Smart Water Management Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Konservasi Sumber Daya Air di Indonesia,” Indonesian Journal of Conservation, vol. 10, no. 1, pp. 67–41, 2021, doi: 10.15294/ijc.v10i1.31036.
[2] D. Solihin, D. Prasetiyani, A. R. Sari, and E. Sugiarti, “PEMANFAATAN BOTOL BEKAS SEBAGAI PENYARING AIR KECAMATAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGERANG,” vol. 1, no. 3, pp. 98–102, 2020.
[3] N. Nofrizal and R. A. Saputra, “Analisis Kebutuhan Dan Ketersediaan Air Bersih Di Wilayah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman,” Rang Teknik Journal, vol. 4, no. 2, pp. 276–281, 2021, doi: 10.31869/rtj.v4i2.2480.
[4] Y. Alaniri and Y. Suryadi, “Pengaruh Keberadaan Bendungan Leuwikeris Dan Bendungan Matenggeng Terhadap Alokasi Air Daerah Aliran Sungai (Das) Citanduy,” Jurnal Sumber Daya Air, vol. 19, no. 2, pp. 68–83, 2023, doi: 10.32679/jsda.v19i2.857.
[5] A. Rifai, Fuad, and L. Noviani, “Manajemen pengelolaan bisnis air bersih dan air minum untuk keseimbangan pengelolaan lingkungan guna keberlangsungan kehidupan,” Jumanis Baja, vol. 2, no. 2, pp. 25–39, 2021.
[6] A. Cahyadilani, W. Witanti, and P. N. Sabrina, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Teh pada PT. Perkebunan Nusantara VIII,” Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan komputer FTI UNSA, vol. 2, no. Bisnis Intelijen, pp. 13–18, 2019.
[7] D. Syafarudin, “Penerapan E-Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing Studi Kasus Pada Mahkota Java Coffee Garut,” Prismakom, vol. 18, no. 1, pp. 12–24, 2021.
[8] Z. Hardiansyah, “Pengertian E-Commerce beserta Jenis, Contoh, dan Manfaatnya,” Kompas.com Tekno e-Business, Sep. 26, 2022.
[9] A. Dewi Cahyaningrum, D. Widada, S. Gunawan, J. Teknik Industri Universitas Mulawarma, and S. Kalimantan Timur “Analisis Strategi Pemasaran Produk Air Minum Dalam Kemasan Merk Amula Dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm),” Jurnal DINAMIKA TEKNIK, vol. IV, no. 2, pp. 10–22, 2021.
[10] A. Riskita, “8 Manfaat Laporan Penjualan, Penting Bagi Bisnis,” SIRCLO STORE. Accessed: Nov. 12, 2022. [Online]. Available: https://store.sirclo.com/blog/laporan-penjualan/
[11] F. F. Wati and U. Khasanah, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada UD Dwi Surya Aluminium dan Kaca Yogyakarta,” Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 21, no. 2, pp. 149–156, 2019, doi: 10.31294/p.v21i2.6026.
[12] S. Solikhatun, S. Sudargo, and I. Menarianti, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Pada Toko Zahra Collection,” Jurnal SITECH : Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 4, no. 2, pp. 111–118, 2022, doi: 10.24176/sitech.v4i2.6403.
[13] M. Fauzan et al., “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Bibits Buah Berbasis Framework Laravel,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 6, no. 3, pp. 388–394, 2023, doi: 10.32493/jtsi.v6i3.30800.
[14] Y. Winando, “Metode Penelitian,” www.gurupendidikan.co.id. [Online]. Available: https://www.gurupendidikan.co.id/metodologi-penelitian/
[15] Ardiyansyah, “Pendapatan Jasa Pada Rumah Susun Sederhana,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama, vol. 5, no. 1, pp. 9–18, 2021.
[16] M. Friaswanto, E. A. Lisangan, and S. C. Sumarta, “The Simulation of Traffic Signal Preemption using GPS and Dijkstra Algorithm for Emergency Fire Handling at Makassar City Fire Service,” International Journal of Applied Sciences and Smart Technologies, vol. 3, no. 2, pp. 185–202, 2021, doi: 10.24071/ijasst.v3i2.3821.
Published
2024-01-29
How to Cite
[1]
L. Salvina, S. Sismadi, and N. Nurhikmah, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN AIR CURAH PADA MATA AIR PURBA”, IDEALIS, vol. 7, no. 1, pp. 98-107, Jan. 2024.