PENGGUNAAN UML UNTUK MERANCANG SISTEM ADMINISTRASI PEMBAYARAN SEKOLAH PADA SMK MANGGALA TANGERANG

  • Muhammad Fadjri Givari Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Administrasi Pembayaran, SMK Manggala, Metodologi Berorientasi Obyek

Abstract

SMK Manggala Tangerang merupakan sebuah instansi dalam pendidikan dalam kinerjanya masih dilakukan secara manual,sehingga dalam setiap kinerja masih kurang efektif oleh karena itu peranan Teknologi Informasi yang berbasis komputerisasi sangatlah dibutuhkan.Dalam proses administrasi pembayaran di SMK Manggala Tangerang selama ini masih menggunakan buku besar sebagai media pencatatan tiap transaksi pembayaran dan terkadang pencatatan yang dilakukan masih sering tercampur dengan pencatatan transaksi yang lain. Permasalahan lain yang timbul adalah terjadinya penumpukan buku besar tiap transaksi pembayaran, lalu sulitnya mencari data siswa yang telat membayar SPP dan dana kegiatan, serta dalam pembuatan laporan tiap transaksi pembayaran dikarenakan dari tahun ke tahun hanya disimpan dalam 1 lemari arsip, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mencari buku besar tiap transaksi pembayaran yang diinginkan. Pada penulisan penelitian ini, metodologi untuk menganalisa dan merancang sistem usulan adalah dengan metode penelitian yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, analisa dokumen, dan studi pustaka, selanjutnya mengimplementasikan dengan menggunakan Visual Basic.NET 2008 sebagai bahasa pemrograman dan MYSQL sebagai databasenya.. Pada pemodelan sistem, peneliti menggunakan, UML (Unified Modeling Language) dan untuk perancangan basis data digunakan metode normalisasi, relasi tabel dan ERD (Entity Relationship Diagram).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
M. Givari and A. Ariesta, “PENGGUNAAN UML UNTUK MERANCANG SISTEM ADMINISTRASI PEMBAYARAN SEKOLAH PADA SMK MANGGALA TANGERANG”, IDEALIS, vol. 1, no. 2, pp. 244-249, May 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)