APLIKASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS OBYEK STUDI KASUS : SEKOLAH XYZ JAKARTA

  • Sopian Supardan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Yudi Santoso Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Pelayanan Perpustakaan, Analisa dan Perancangan Pelayanan perpustakaan, Metodologi Berbasis Objek

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dengan hal ini memberikan dampak pada dunia pendidikan untuk beralih baik sebagai pengguna atau pencipta teknologi tersebut, Teknologi Informasi merupakan salah satu teknologi yang membantu proses dalam mengembangkan dunia pendidikan, Dunia pendidikan merupakan sumber informasi untuk menciptakan karakteristik dan mengembangkan seseorang menjadi lebih berkualitas, untuk mencapai itu semua perlu ada informasi yang disampaikan secara tepat dan cepat salah satunya perpustakaan merupakan tempat penting bagi sumber belajar oleh karena itu dalam pelayanan perpustakaan harus mendukung dan melayani dengan baik sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran. Adapun permasalahan yang ada pada perpustakaan Sekolah XYZ yaitu persediaan buku yang sering habis dikarenakan tidak ada batasan dalam peminjaman buku, kurangnya jumlah buku yang sering dipinjam. Maka dari itu penulis melakukan penelitian guna memberikan alternatif solusi dengan Teknologi Informasi berupa sistem informasi pelayanan perpustakaan pada Sekolah XYZ berbasis computer. Analisa dan rancangan yang dilakukan penulis yaitu dengan menggunakan metodologi berbasis obyek dan Bahasa pemograman Visual basic Net 2008 serta penyimpanan data menggunakan MySQL. Dengan adanya Sistem informasi ini diharapkan dapat membantu dalam proses pelayanan perpustakaan dengan baik sehingga perpustakaan dapat dikatakan sumber informasi dan turut membantu dalam tumbuh kembang siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
S. Supardan and Y. Santoso, “APLIKASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS OBYEK STUDI KASUS : SEKOLAH XYZ JAKARTA”, IDEALIS, vol. 1, no. 2, pp. 298-308, May 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>