SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN GURU TERBAIK PADA SD STRADA SANTA MARIA DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) DAN SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING)

  • Prima Apriastika Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lusi Fajarita Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: DSS, AHP, SAW, Penentuan Guru

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai sistem penunjang keputusan dalam penentuan guru terbaik pada SD Strada Santa Maria. SD Strada Santa Maria merupakan komunitas pendidikan yang unggul, peduli, dan berjiwa melayani. Saat ini, pihak sekolah sudah melakukan kegiatan penilaian dalam penentuan guru terbaik, tapi dalam penilaian tersebut belum menghasilkan hasil yang maksimal karena di SD Strada Santa Maria ini semua guru-guru sudah dikatakan baik, semuanya setara, tidak ada yang membedakan derajatnya, Oleh karena itu SD Strada Santa Maria membutuhkan suatu sistem penunjang keputusan yang bersifat objektif, terstruktur, agar hasil yang diperoleh dapat sesuai dengan harapan dan dapat meningkatkan kualitas dan mutu guru agar tercapai dengan baik. Sistem yang akan dibuat ini menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) digunakan dalam penentuan bobot dari kriteria yang ada yaitu spiritualisme, profesionalisme, kepemimpinan, dan solidaritas, yang nantinya akan dibandingkan dengan kriteria lainnya. Dan metode SAW (Simple Additive Weighting) digunakan dalam menyeleksi perankingan alternatif. Tool yang digunakan dalam sistem penentuan guru terbaik ini yaitu HeidiSQL sebagai database dan Microsoft Visual Studio 2008 sebagai perancang sistem. Dengan adanya sistem penunjang keputusan ini, dapat membantu Kepala Sekolah SD Strada Santa Maria dalam menentukan guru terbaik sehingga menghasilkan keputusan maksimal dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-02
How to Cite
[1]
P. Apriastika and L. Fajarita, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN GURU TERBAIK PADA SD STRADA SANTA MARIA DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) DAN SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING)”, IDEALIS, vol. 2, no. 3, pp. 138-145, May 2019.
Section
Decision Support System

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>