RANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN BARANG UNTUK MENGONTROL PENGELUARAN BIAYA PEMBELIAN STUDI KASUS : PT. FIBERINDO NUSANTARA JAYA

  • Ismail Aluwi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Pembelian Barang, PT. Fiberindo Nusantara Jaya, Mengontrol Biaya Pembelian

Abstract

PT. Fiberindo Nusantara Jaya merupakan salah satu konsultan dan kontraktor yang profesional dalam bidang telekomunikasi dan sistem informasi yang ada di Indonesia. Pada PT. Fiberindo Nusantara Jaya, penulis melakukan analisa mengenai sistem yang sedang berjalan seputar proses pembelian barang dimana kerap memiliki kendala seperti tidak adanya data barang, pegawai dan produsen, cara pemesanan barang yang menggunakan media suara, kesulitan dalam pencatatan pembayaran dan penerimaan dari produsen dan tidak adanya laporan berita acara serah terima ke pegawai, laporan surat jalan, laporan pemesanan, laporan pembayaran, laporan penerimaan dari produsen dan laporan rekapitulasi barang yang banyak diminta oleh pegawai. Sehingga terjadi tidak terkontrolnya biaya pembelian barang, Sulitnya mencari data seputar pembelian barang, karena jika mencari satu persatu berdasarkan form yang tersimpan sangatlah memakan waktu, tidak adanya laporan barang yang paling banyak diminta oleh pegawai, karena sebenarnya dari data tersebut head of operational dapat melakukan review pembelian barang setiap bulannya, apakah barang yang sering di pesan itu wajar untuk dibeli atau tidak. Implementasi dari rancangan sistem informasi yang akan dibuat ini yaitu mengenai pembelian barang. Rancangan ini menggunakan model UML (Unified Modeling Language) berupa use case diagram, activity diagram dan sequence diagram. Model data konseptual dalam sistem ini menggunakan database relational yaitu ERD (Entity Relationship Diagram), LRS (Logical Record Structure) dan spesifikasi basis data yang digunakan dalam perancangan basis data. Berdasarkan Analisa penulis memaparkan kebutuhan atas masalah yang dihadapi yaitu disediakannya sistem informasi meliputi data, agar disediakan sistem informasi untuk mengentry data barang, pegawai dan produsen, cara pemesanan tidak lagi melalui media suara, mengentry pembayaran dan penerimaan dari produsen dan mencetak laporan berita acara serah terima ke pegawai, laporan surat jalan, laporan pemesanan, laporan pembayaran, laporan penerimaan dari produsen dan laporan rekapitulasi barang yang banyak diminta oleh pegawai. Hasil yang dicapai adalah aplikasi sistem informasi pembelian barang pada PT. Fiberindo Nusantara Jaya yang dapat digunakan untuk mengontrol biaya pembelian dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-03
How to Cite
[1]
I. Aluwi and A. Hamdani, “RANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN BARANG UNTUK MENGONTROL PENGELUARAN BIAYA PEMBELIAN STUDI KASUS : PT. FIBERINDO NUSANTARA JAYA”, IDEALIS, vol. 1, no. 3, pp. 178-183, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>