IMPLEMENTASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN BAIK ORANG TUA SISWA (STUDI KASUS SMP AL-BAYAN ISLAMIC SCHOOL)

  • Muhammad Bagus Rizaldy Putra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Brury Trya Sartana Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Customer Relationship Management, Sekolah, Meningkatkan Hubungan Baik, SMP Al-Bayan Islamic School

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu jenis manajemen yang khusus membahas tentang penanganan hubungan antara perusahaan atau instansi dengan pelanggan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan atau instansi dimata pelanggan. Berdiri sejak tahun 2012, SMP Al-Bayan Islamic School adalah sebuah sekolah yang bergerak di bidang pendidikan Islam dan merupakan salah satu dari tiga unit sekolah yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al-Bayan. Masalah yang terjadi sekolah mengalami kesulitan dalam melakukan proses pencarian, pengolahan dan laporan data, kemudian tidak adanya dokumen khusus untuk menyimpan pencatatan konsultasi sehingga menyebabkan terjadinya kesalahan penanganan konsultasi dan tidak adanya histori konsultasi yang diajukan orang tua siswa, lalu tidak adanya fasilitas pendistribusian informasi perkembangan akademik siswa secara online yang menyebabkan penurunan hubungan baik dan kepuasan orang tua siswa. Dengan rancangan sistem berbasis website ini, diharapkan dapat menyelesaikan masalah menurunnya hubungan baik orang tua siswa dan pelayanan yang dialami oleh SMP Al-Bayan Islamic School.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-03
How to Cite
[1]
M. B. Putra and B. Sartana, “IMPLEMENTASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN BAIK ORANG TUA SISWA (STUDI KASUS SMP AL-BAYAN ISLAMIC SCHOOL)”, IDEALIS, vol. 1, no. 3, pp. 210-216, Jul. 2018.
Section
Table of Content