PEMODELAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TERBAIK SMA YP-BDN MENGGUNAKAN AHP DAN SAW

  • Joko Wijayanto Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Safitri Juanita Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, SMA YP-BDN, SPK Pemilihan Guru Terbaik, Simple Additive Weighting (SAW), Analytical Hierarchy Process (AHP), SPK berbasis desktop

Abstract

Sekolah SMA YP-BDN memiliki kegiatan pemilihan guru terbaik yang diadakan setahun sekali dan hanya didasarkan pada presensi kehadiran guru, kemudian Kepala Sekolah membuat kriteria tambahan untuk pemilihan guru terbaik yaitu tugas tambahan, dan poin pelanggaran. Namun proses pemilihan dianggap belum objektif karena tidak dilakukan secara terbuka dan belum teradministrasi dengan baik sehingga menimbulkan konflik kepentingan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini memberikan solusi berupa pemodelan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pemilihan guru terbaik yang membantu kepala sekolah dan jajaran dalam mengoptimalkan proses pemilihan guru terbaik sehingga semua proses teradministrasi dengan baik dan objektif. Penelitian ini akan memodelkan SPK berbasis desktop dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW). Aplikasi dibuat menggunakan Microsoft Visual Studio 2008 dan basis data MYSQL. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode AHP dan SAW pada aplikasi SPK untuk memberikan rekomendasi bagi kepala sekolah dalam proses pengambilan keputusan pemilihan guru terbaik pada SMA YP-BDN. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil pembobotan menggunakan metode AHP untuk 3 kriteria adalah: presensi 0.6734, tugas tambahan 0.0618, dan poin pelanggaran 0.2648. Nilai bobot kemudian digunakan sebagai proses perhitungan pada metode SAW untuk proses perangkingan pemilihan guru terbaik, dimana nilai tertinggi 0.9731 dengan kandidat sebanyak 3 orang guru. Kesimpulan penelitian ini adalah SPK pemilihan guru terbaik dengan metode AHP dan SAW terbukti membantu SMA YP-BDN dengan memberikan rekomendasi bagi kepala sekolah dalam mengambil keputusan guru terbaik dengan cepat dan tepat serta menyimpan administrasi proses pemilihan guru terbaik dengan aman dan rapi sehingga mempermudah proses audit administrasi sekolah saat dibutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-18
How to Cite
[1]
J. Wijayanto and S. Juanita, “PEMODELAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TERBAIK SMA YP-BDN MENGGUNAKAN AHP DAN SAW”, IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 98-106, Jan. 2021.