ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM PENINGKATAN PELAYANAN DAN LOYALITAS PASIEN KIROPRAKTIK (STUDI KASUS: PURI CHIROPRACTIC)

  • Bayu Wicaksono Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: elctronic customer relationship management, pelayanan kesehatan, kiropraktik

Abstract

Dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat, bermunculan banyak pelayanan kesehatan baru dalam berbagai bentuk pelayanan medis diantaranya adalah kiropraktik. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena di Indonesia penyakit tulang belakang sering ditemui namun kurang mendapatkan perhatian serius. Tujuan penulisan ini untuk mengenalkan lebih luas kiropraktik kepada masyarakat dengan menggunakan metode prototyping. Untuk memenuhi tujuan tersebut dibutuhkan pendekatan dan pemberian pelayanan terbaik untuk mendapatkan kepuasan dan loyalitas pasien menggunakan strategi Customer Relationship Management (CRM). Tujuan CRM adalah untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan guna menarik pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama serta mengembalikan pelanggan yang hilang, karenanya tentu berdampak pada peningkatan profit perusahaan. Sedangkan E-CRM (Electroninc Customer Relationship Management) merupakan perkembangan dari CRM yang memiliki fokus pada penggunaan media elektronik online dan offline sebagai alat pengelola data customer atau dalam praktek bisnis yang dilakukan Puri Chiropractic adalah sebagai pasien. Penelitian ini diharapkan menghasilkan sebuah sistem E-CRM yang mampu memberikan pelayanan terbaik guna mendapatkan kepuasan dan loyalitas pasien.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-02
How to Cite
[1]
B. Wicaksono and S. Samsinar, “ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM PENINGKATAN PELAYANAN DAN LOYALITAS PASIEN KIROPRAKTIK (STUDI KASUS: PURI CHIROPRACTIC)”, IDEALIS, vol. 2, no. 3, pp. 87-93, May 2019.
Section
Enterprise System

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>