ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADAAN BARANG OPERASIONAL PADA PT. GEMALTO SMART CARDS MENGGUNAKAN UNIFIED MODELING LANGUAGE

  • Dhaneswara Prakasita Paramatatya Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: pengadaan barang Pt. Gemalto Smart Cards, UML, Visual Basic 2008, DBMS mysql

Abstract

Dewasa ini adalah komputer sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Komputer sebagai alat penunjang untuk mempermudah pekerjaan sering digunakan pada instansi baik itu negeri ataupun swasta. Namun tanpa adanya sistem informasi yang sesuai, komputer belum bisa menajikan informasi yang cepat, akurat, handal, dan tepat waktu.  Berdasarkan wawancara kepada Bagian Pengadaan Pt. Gemalto Smart Cards, sistem pengadaan barang dan jasa yang saat ini bejalan ternyata masih  diolah secara manual dan belum terintegrasi dengan baik. Bentuk word dan excel masih menjadi andalan untuk menyimpan semua data kegiatan pengadaan barang dan jasa tersebut. Dari sistem yang masih manual tersebut muncul beberapa kendala yang sering dialami. Terlalu banyaknya data yang harus diolah berdampak pada tingkat kesulitan perihal pengolahan data tersebut. Kondisi ruang penyimpanan yang kurang teratur juga berdampak pada sulitnya mendapatkan informasi terkait dan pencarian data administrasi pengadaan barang dan jasa. Dalam hal penyusunan laporan juga sering terjadi keterlambatan. Dari uraian permasalahan yang ada, membuat sistem komputerisasi pengadaan barang adalah salah satu solusi yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan pada Pt. Gemalto Smart Cards. Dengan sistem pengadaan tersebut diharapkan kinerja khusus pada bagian pengadaan barang pada Pt. Gemalto Smart Cards akan menjadi lebih efisien, pengolahanan data yang lebih cepat, dan penyajian informasi menjadi lebih akurat. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic 2008 dengan DMBS Mysql Server.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
D. Paramatatya and L. Suryadi, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADAAN BARANG OPERASIONAL PADA PT. GEMALTO SMART CARDS MENGGUNAKAN UNIFIED MODELING LANGUAGE”, IDEALIS, vol. 1, no. 2, pp. 73-79, May 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>