RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI AKAD IJARAH DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS: BAITUL MAL WAT TAMWIL AL-FATH IKMI CABANG LEGOSO

  • Vim Agnia Syahid Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ady Widjaja Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi Koperasi Syariah, Akad Ijarah, Metodologi Berorientasi Obyek

Abstract

BMT Al-Fath Ikmi merupakan salah satu badan usaha koperasi berbasis syariah yang berada dibawah naungan Ikatan Masjid Indonesia. BMT Al-Fath IKMI dituntut memberikan pelayanan terbaik terutama pada proses akad ijarah. Karena pada saat ini pendaftaran anggota atau transaksi akad ijarah yang ada di BMT Al-Fath IKMI masih dilakukan secara tertulis, sehingga sering menyebabkan terhambatnya proses pembuatan laporan dan pengambilan keputusan. Setelah penulis melakukan observasi, wawancara, analisa dokumen dan studi keputusan penulis menemukan beberapa masalah yang dihadapi yaitu banyaknya data anggota yang tidak tertata dengan benar serta sulitnya melakukan pencarian data. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan sebuah sistem informasi yang terkomputerisasi. Dan untuk menyusun Tugas Akhir ini penulis mengambil judul “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI AKAD IJARAH DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS: BAITUL MAL WAT TAMWIL AL-FATH IKMI CABANG LEGOSO”. Penulis berharap dengan adanya rancangan sistem informasi pada transaksi akad ijarah, dapat membantu BMT Al-Fath IKMI untuk mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi, sehingga dapat menyajikan kebutuhan akan data dan informasi yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
V. Syahid and A. Widjaja, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI AKAD IJARAH DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS: BAITUL MAL WAT TAMWIL AL-FATH IKMI CABANG LEGOSO”, IDEALIS, vol. 1, no. 2, pp. 103-109, May 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>