RANCANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN BIMBINGAN BELAJAR FAVORITA INDONESIA PERUM ALAM INDAH

  • Dea Amelia Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Bullion Dragon Andah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Electronic Customer Relationship Management, Penerapan E-CRM Pada Bimbingan Belajar, CRM

Abstract

Bisnis bimbingan belajar di Indonesia semakin menjamur pada era globalisasi ini, hal tersebut dikarenakan samakin banyak para pembisnis yang mencoba membuka peluang dalam bisnis ini, mereka merasa peluang yang didapatkan sangat menjanjikan karena bisnis dapat berjalan selama ada peluang pelanggan dan pelanggan dalam dunia pendidikan tidak akan pernah mati, semakin ketatnya persaingan juga dirasakan pada Bimbingan Belajar Favorita Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2007. Beberapa permasalahan pada bimbel mengakibatkan bimbel tidak dapat bersaing dengan baik sehingga mengakibatkan penurunan jumlah pelanggan khususnya pada tahun 2017. Salah satu masalahnya adalah kurangnya menjalin hubungan dengan pelanggan sehinggan menyebabkan minimnya informasi yang didapatkan pelanggan, bahkan pelanggan sulit untuk mendapatkannya, selain itu pihak bimbelpun kurang memahami apa yang diinginkan oleh pelanggannya. Penulis berharap penerapan model Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis web ini bisa menjalin hubungan yang lebih baik sehingga dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dan dapat membantu mencapai tujuan bisinis pada Bimbingan Belajar Favorita Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
D. Amelia and B. Andah, “RANCANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN BIMBINGAN BELAJAR FAVORITA INDONESIA PERUM ALAM INDAH”, IDEALIS, vol. 1, no. 2, pp. 133-139, May 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)