PENERAPAN METODE SAW DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN CALL CENTER TERBAIK STUDI KASUS : PT. EDI INDONESIA DIVISI CALL CENTER

  • Herlin Yoga Dwi Saputri Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ady Widjaja Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, Simple Additive Weighting(SAW), Penentuan Karyawan Terbaik

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan metode Simple Additive Weighting dalam sistem penunjang keputusan untuk penentuan call center terbaik pada divisi call center PT. EDI Indonesia. Penentuan call center terbaik diperlukan supaya dapat memberikan motivasi call center untuk meningkatkan kinerja. Masalah yang terjadi saat penentuan call center terbaik adalah belum adanya perangkingan, penilaian kinerja call center memiliki hasil akhir yang sama, kesulitan melakukan rekap hasil penilaian agen dan pengolahan data sehingga mengakibatkan proses pemilihan agen Call center kurang maksimal dan membutuhkan waktu lama, belum adanya informasi dan apresiasi kepada call center yang kinerjanya bagus, serta belum adanya informasi pemberian peringatan kepada agen call center yang kinerjanya menurun. Oleh sebab itu, pada sistem penunjang keputusan ini menerapkan metode Simple Additive Weighting(SAW) untuk membantu proses penentuan karyawan call center terbaik sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh kepala departemen call center. Hasil dari sistem penunjang keputusan ini adalah memberikan informasi mengenai hasil perangkingan dari hasil penilaian dan peringkat 3 terbaik dan 3 terendah dalam bentuk penghargaan, bonus, peringatan. Karyawan call center terbaik memiliki nilai akhir tertinggi dibandingkan lainnya. Sistem penunjang keputusan ini dibuat menggunakan database MySQL dan bahasa pemrograman PHP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-02
How to Cite
[1]
H. Saputri and A. Widjaja, “PENERAPAN METODE SAW DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN CALL CENTER TERBAIK STUDI KASUS : PT. EDI INDONESIA DIVISI CALL CENTER”, IDEALIS, vol. 2, no. 3, pp. 190-196, May 2019.
Section
Decision Support System

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>