IMPLEMENTASI ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM DENGAN KONSEP ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) SMPN 245 JAKARTA SELATAN

  • Hasan Hasan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hestya Patrie Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Customer Relationship Management, Sekolah, Meningkatkan Hubungan Baik, SMPN 245 Jakarta Selatan

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu jenis manajemen yang khusus membahas tentang penanganan hubungan antara perusahaan atau instansi dengan pelanggan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan atau instansi dimata pelanggan. SMPN 245 Jakarta dahulu bernama SMP Negeri 85 Kelas Jauh, dan terletak di daerah Pondok Labu. Dipimpin oleh kepala sekolah bernama Bapak Agus Basuki, BA. Lalu pada tahun 1987, berganti nama menjadi SMPN 245 Jakarta. Masalah yang terjadi sekolah yaitu seringkali mengalami kesulitan dalam melakukan proses pencarian, pengolahan dan laporan data, kemudian orang tua belum tentu bisa untuk menemui pihak sekolah karena harus membuat janji, lalu informasi nilai hanya diperoleh 2 kali dalam setahun karena nilai hanya muncul pada rapor gasal dan genap sehingga orang tua sulit mengetahui nilai terbaru dari siswa, orang tua tidak menghadiri panggilan karena siswa sering tidak memberi surat panggilan sehingga orang tua tidak menerima surat panggilan. Untuk mengatasi masalah – masalah tersebut maka penulis mengusulkan sistem E-CRM berbasis website menggunakan bahasa pemrograman PHP. Dengan sistem E-CRM berbasis website ini, diharapkan dapat menyelesaiikan masalah menurunnnya hubungan baik orang tua siswa dan pelayanan yanng diaalami oleh SMPN 245 JAKARTA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-02
How to Cite
[1]
H. Hasan and H. Patrie, “IMPLEMENTASI ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM DENGAN KONSEP ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) SMPN 245 JAKARTA SELATAN”, IDEALIS, vol. 2, no. 3, pp. 157-165, May 2019.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>