RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN TUNAI BERBASIS OBJECT ORIENTED GUNA MENGURANGI KERUGIAN PADA UNIT PRODUKSI SMK YADIKA 4 CILEDUG

  • Chairul Sardi Putra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Penjualan dan Pembelian Barang, Unit Produksi SMK Yadika 4 Ciledug, Kerugian

Abstract

Unit Produksi SMK Yadika 4 Ciledug merupakan sarana pendidikan dan prasarana sekolah. Sarana pendidikan yaitu, proses pembelajaran dan pelayanan peserta didik dan sebagai proses pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dunia industri/usaha. Adapun prasarana sekolah yaitu, untuk memenuhi persyaratan dalam mencapai akreditasi SMK Yadika 4 Ciledug. Pada Unit Produksi SMK Yadika 4 Cildeug bersama penulis melakukan analisa dalam pelaksanaan sistem yang berjalannya. Penulis merasa sistem yang ada saat ini belum optimal. Sampai saat ini masalah yang ada yaitu masih sering terjadi kesalahan dalam pencatatan data, sehingga mengakibatkan tidak akuratnya data yang ada. Kesalahan dalam pencatatan juga menyebabkan keterlambatan dan kurang akuratnya dalam menyampaikan informasi dalam bentuk laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pihak yang berwenang. Pengawasan yang kurang terhadap penjaga UP menyebabkan penjaga UP menjadi tidak disiplin dalam melakukan tanggung jawabnya seperti, sering telat dan bolos dalam menjalankan tugas. Tidak ada komitmen kerja menyebabkan adanya kesalahan pencatatan data dan juga kurangnya kejujuran dalam melaksanakan tugas. Proses pencatatan pun masih tidak baik karena masih berupa suara dan kurangnya kelengkapan dokumen. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi yang lebih terkomputerisasi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Untuk menyusun penelitian ini penulis mengambil judul “Rancang Bangun Sistem Informasi Pembelian Dan Penjualan Tunai Berorientasi Object Oriented Pada Unit Produksi Smk Yadika 4 Ciledug” dengan menggunakan Metodologi Berorientasi Obyek. Penulis berharap dengan adanya sistem informasi pembelian dan penjualan unit produksi yang terkomputerisasi dapat membantu dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi..

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
C. Putra and A. Hamdani, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN TUNAI BERBASIS OBJECT ORIENTED GUNA MENGURANGI KERUGIAN PADA UNIT PRODUKSI SMK YADIKA 4 CILEDUG”, IDEALIS, vol. 1, no. 2, pp. 173-180, May 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>