ANALISA DAN PERANCANGAN E-COMMERCE PADA RAHMATIKA DIGITAL PRINTING
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang semakin lama semakin maju khususnya di bidang komputer pada saat ini telah memasuki era baru dalam berbagai macam aspek kegiatan yang ada dan, kelebihan dari penggunaan komputer yang dicirikan seperti peningkatan kecepatan, ketepatan dan keakuratan dan juga. terlindungnya data yang tersimpan. Sehingga hal ini dapat membantu sebuah instansi usaha dalam memajukan usahanya. Sistem yang sedang berjalan pada Rahmatika Digital Printing masih terdapat masalah yaitu media promosi hanya menggunakan spanduk, penjualan masih sebatas offline, penyimpanan data dan pencetakan laporan masih berupa pencatatan dalam bentuk arsip. Tujuan dari penelitian adalah memberi solusi pemecahan masalah-masalah yang ada dengan merancang sebuah sistem informasi penjualan berbasis ecommerce. Penulis mengimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan menggunakan database MySQL. Metode analisis yang penulis gunakan untuk mengetahui kelemahan dan indentifikasi kebutuhan adalah dengan menggunakan metode fishbone. Selanjutnya dalam tahap rancangan, penulis menggunakan teknologi Unified Modeling Language (UML). Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah website penjualan berbasis ecommerce dapat dijadikan sebagai media promosi, mempermudah proses penjualan yang dilakukan secara online, serta dapat mempermudah dalam pengolahan data dan pencetakan laporan yang tidak lagi memerlukan pencatatan dalam bentuk arsip.