ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN SPAREPART MOTOR PADA BARUNA MOTOR MENGGUNAKAN METODE UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML)

  • Endayani Endayani Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian, Baruna Motor, Metodologi Berorientasi Obyek, UML

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang maju dan pesat ini, sangat diperlukan kecepatan dan keakuratan dalam mendapatkan informasi, sehingga dipermudah dalam pengambilan keputusan. Informasi yang dibutuhkan harus berguna bagi yang memerlukan, sehingga kapan pun informasi tersebut dibutuhkan dapat disajikan dengan cepat. Baruna Motor adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan dan pembelian Sparepart motor. Dikarenakan pengolahan data yang belum terstruktur dengan baik sehingga mempunyai banyak kelemahan seperti sering terjadi kesalahan dalam menghitung jumlah pembayaran, kesulitan dalam mencari dokumen karena penyimpanan yang tidak tepat sehingga terjadi dokumen hilang. Berdasarkan masalah tersebut maka Baruna Motor memerlukan suatu sistem informasi penjualan dan pembelian Sparepart yang baik untuk mendukung proses pengolahan data sehingga dapat menyajikan data dan informasi yang efektif dan efisien. Penulis menggunakan metode Unified Modeling Language untuk menganalisa dan membuat rancangan sistem usulan, bahasa programan menggunakan Microsoft Visual Basic.Net 2008, dan database menggunakan Msql. Dengan adanya sistem usulan ini, diharapkan pengolahan data yang ada pada Baruna Motor bisa tersimpan rapi dan terstruktur dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-05
How to Cite
[1]
E. Endayani and L. Li Hin, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN SPAREPART MOTOR PADA BARUNA MOTOR MENGGUNAKAN METODE UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML)”, IDEALIS, vol. 1, no. 5, pp. 95-98, Nov. 2018.