Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Poin Pelanggaran Pada SMA Cendrawasih II Tangerang Selatan Dengan Metodologi Object Oriented

  • Faris Abyan Ghifari Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Administrasi Poin Pelanggaran, Object-Oriented Analysis and Design

Abstract

Di zaman yang serba canggih ini tingkat informasi semakin maju dan akan selalu berkembang, terus meningkat dan modern, diakui menjadi salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan suatu instansi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas instansi tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu kebutuhan manusia akan teknologi juga semakin berkembang. Salah satu contohnya yaitu sistem informasi administrasi poin pelanggaran. Suatu sistem dikatakan baik apabila akan memudahkan suatu proses dan meminimalisir kesalahan. Adapun lembaga pendidikan sekolah SMA Cendrawasih II Tangerang Selatan, ada beberapa permasalahan yang terjadi yaitu antara lain guru kurang teliti dalam pencatatan pelanggaran yang terjadi, tidak diketahui poin pelanggaran siswa karena belum adanya laporan jumlah poin pelanggaran setiap kelasnya dan kesulitan mengambil keputusan terkait pelanggaran tersebut. Berdasarkan masalah tersebut maka lembaga pendidikan SMA Cendrawasih II Tangerang Selatan memerlukan suatu sistem informasi administrasi poin pelanggaran yang baik untuk mendukung kelancaran mutu pendidikan di lembaga tersebut. Solusinya adalah dengan membuat sistem informasi dengan menggunakan teknologi informasi. Metodologi yang digunakan untuk menganalisis dan merancang sistem informasi menggunakan pendekatan Object-Oriented Analysis and Design (OOAD). Adapun perancangan sistem usulan menggunakan Microsoft Visual Studio 2008 dan database MYSQL.metodologi yang digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, analisis dokumen dan studi pustaka. Hasil akhir yang dicapai dalam penelitian ini adalah sebuah aplikasi poin pelanggaran yang diharapkan dapat membantu memberikan pemecahan masalah yang terjadi pada SMA Cendrawasih II Tangerang Selatan serta membantu kinerja sekolah menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-05
How to Cite
[1]
F. Ghifari and A. Hamdani, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Poin Pelanggaran Pada SMA Cendrawasih II Tangerang Selatan Dengan Metodologi Object Oriented”, IDEALIS, vol. 1, no. 5, pp. 133-140, Nov. 2018.

Most read articles by the same author(s)