APLIKASI PENGAMANAN DATA PERANGKAT PELANGGAN MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI XXTEA DAN BASE64 SERTA METODE PENCARIAN DATA MENGGUNAKAN QR CODE BERBASIS ANDROID MOBILE DAN JAVA DESKTOP PADA PT. BERCA HARDAYAPERKASA

  • Gus Putra Ismaulana Universitas Budi Luhur
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Universitas Budi Luhur

Abstract

Data yang memiliki integritas dan keamanan yang tinggi merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kerahasiaan informasi, terutama data yang berisikan informasi-informasi penting dan hanya boleh diketahui oleh pihak tertentu saja, sehingga diperlukan suatu teknik penyandian. Jurnal ini bermanfaat untuk mengatasi permasalahan keamanan data yang pada PT. Berca Hardayaperkasa, dimana terdapat data penting yang perlu dilakukan proses pengamanan data. Apabila data penting tersebut tidak dilakukan proses pengamanan data, maka data tersebut akan menjadi sangat rentan untuk dicuri oleh pihak lain yang ingin menggunakan data tersebut untuk keperluan bisnis yang tidak baik. Proses pencarian suatu data dari sebuah basis data yang memiliki informasi sangat penting juga menjadi salah satu permasalahan yang terjadi di PT. Berca Hardayaperkasa. Sehingga dibutuhkan suatu aplikasi agar karyawan PT. Berca Hardayaperkasa bisa mendapatkan data yang dibutuhkan dengan cepat sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi lebih efisien. Penggunaan sistem kriptografi ganda dimaksudkan agar data tersebut tidak mudah dibobol. Bahasa pemrograman Android dan Java digunakan untuk membangun aplikasi pengamanan data ini. Hasil dari pengujian aplikasi ini, data berhasil diamankan dan dapat mengurangi waktu dalam melakukan proses pencarian data karena menggunakan QR Code. Namun proses pencarian data menggunakan QR Code Scanner kurang efektif pada perangkat yang memiliki kamera dengan resolusi rendah karena gambar yang dihasilkan akan buram dan hal itu membuat aplikasi selalu gagal melakukan generate QR Code.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-05
How to Cite
[1]
G. Ismaulana and F. Ferdiansyah, “APLIKASI PENGAMANAN DATA PERANGKAT PELANGGAN MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI XXTEA DAN BASE64 SERTA METODE PENCARIAN DATA MENGGUNAKAN QR CODE BERBASIS ANDROID MOBILE DAN JAVA DESKTOP PADA PT. BERCA HARDAYAPERKASA”, SKANIKA, vol. 1, no. 1, pp. 20-26, Mar. 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>