IMPLEMENTASI ALGORITMA SECURE HASH ALGORITHM-1 UNTUK PENGAMANAN APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE DENGAN KONSEP HASH-BASED MESSAGE AUTHENTICATION CODE PADA APLIKASI SISTEM TRYOUT BERBASIS WEB DAN ANDROID

  • Dewa Fakha Shiva Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Ainur Rony Universitas Budi Luhur

Abstract

Ujian tryout sering kali dilakukan untuk mengukur seberapa baik siswa menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Dari hasil tersebut dapat dilakukan analisa seberapa besar siswa tersebut akan berhasil menjawab soal ujian yang nantinya akan diberikan. Ujian tryout mengalami beberapa perubahan, mulai dari ujian berbasis kertas, hingga saat ini ujian berbasis komputer. Ujian tryout akan menjadi lebih mudah jika dilakukan dengan menggunakan smartphone, seperti Android. Karena untuk siswa yang tidak memiliki komputer atau pihak sekolah yang belum bisa memfasilitasi untuk memberikan komputer untuk ujian akan lebih mudah untuk memberikan smartphone sebagai fasilitas untuk ujian tryout. Jika ujian dilakukan melalui smartphone, data soal ujian akan mengalami perubahan dalam cara pengiriman. Data soal ujian akan dikirimkan melalui API (Application Programming Interface) dan akan lebih baik digunakan pengamanan API dengan menggunakan SHA-1 (Secure Hash Algorithm-1), yang nantinya data soal ujian akan dilakukan proses hashing agar tidak dapat terbaca secara jelas, dan dilakukan pengiriman dari server ke smartphone dan dilakukan autentikasi untuk memastikan data soal tersebut sama atau tidak dengan soal ujian yang dikirimkan dari server. Data soal bisa diinputkan melalui web dan bisa diterima melalui Android.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-05
How to Cite
[1]
D. Shiva and M. Rony, “IMPLEMENTASI ALGORITMA SECURE HASH ALGORITHM-1 UNTUK PENGAMANAN APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE DENGAN KONSEP HASH-BASED MESSAGE AUTHENTICATION CODE PADA APLIKASI SISTEM TRYOUT BERBASIS WEB DAN ANDROID”, SKANIKA, vol. 1, no. 1, pp. 47-53, Mar. 2018.