METODE COLLABORATIVE FILTERING DALAM PENAMPILAN REKOMENDASI PRODUK DALAM APLIKASI CHATBOT DAN MESIN REKOMENDASI BERBASIS WEB : STUDI KASUS PT. TOKOPEDIA
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat mengakibatkan fungsi internet sebagai salah satu gaya hidup bahkan menjadi kebutuhan utama. Salah satu hal yang saat ini sedang banyak digunakan pengguna internet yaitu belanja online. Saat ini sudah banyak layanan belanja online yang mempunyai layanan berkualitas serta menawarkan berbagai macam barang yang kita butuhkan, namun karena banyaknya variasi barang yang ada, timbul tantangan baru. Diantaranya pengguna bingung dalam memilih barang yang ingin dibeli, bahkan mereka belum mengetahui apa yang ingin dibeli. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif lain yang lebih dekat dengat pengguna dibandingkan dengan layanan belanja online konvensional berupa website utuh. Antarmuka baru ini berupa chatbot, yang akan berperan lebih dekat dengan user dalam melakukan proses belanja online. Aplikasi chatbot akan berperan sebagai antarmuka dari catalog yang sudah ada sebelumnya pada suatu layanan belanja online. Fitur lain yang akan dibangun adalah fitur mesin rekomendasi dengan metode collabolative filtering yang akan menampilkan produk-produk yang mungkin user sukai. Untuk mensiasati agregasi dan pertukaran data dengan fitur catalog dan rekomendasi tersebut akan menggunakan RestFul Web Service sehingga data tersebut dapat dikonsumsi oleh aplikasi chatbot.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2018-03-05
How to Cite
[1]
A. Nugroho and D. Kusumaningsih, “METODE COLLABORATIVE FILTERING DALAM PENAMPILAN REKOMENDASI PRODUK DALAM APLIKASI CHATBOT DAN MESIN REKOMENDASI BERBASIS WEB : STUDI KASUS PT. TOKOPEDIA”, SKANIKA, vol. 1, no. 1, pp. 94-101, Mar. 2018.
Section
Articles