IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT UNTUK PEMILIHAN KARYAWAN TELADAN BERBASIS WEB PADA PT. DANA PURNA INVESTAMA

  • Dimas Arya Faturahman Teknik Informatika
  • Mufti Mufti Teknik Informatika

Abstract

Perkembangan perusahaan sangat dipengaruhi oleh kinerja sumber daya manusia, sehingga setiap perusahaan akan berusaha mendapatkan karyawan yang berkualitas. PT. DPI (Dana Purna Investama), merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengelolaan fasilitas gedung serta menjalankan kegiatan usaha dibidang jasa pelatihan & keterampilan tenaga kerja. Penilaian dirasa perlu untuk meningkatkan kinerja dan semangat kerja karyawan dimana perusahaan dimungkinkan memberikan reward(penghargaan). Sebelumnya, belum ada sistem dapat mengambil keputusan untuk menentukan karyawan teladan dan pelaksanaannya yang masih dilakukan secara manual atau belum memiliki standar dalam penilaian, aturan dan perhitungan nilai. Oleh karna itu dalam penelitian ini dibuatlah sistem pemilihan karyawan teladan dengan menggunakan metode Weighted Product karena dapat mengevaluasi alternatif terhadap beberapa kriteria yang tidak saling bergantungan  yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP berbasis web. Proses normalisasi pada metode ini yaitu dengan melakukan pemangkatan nilai atau rating alternatif kriteria dengan nilai bobot dari masing-masing kriteria yang kemudian dikalikan. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan pada sistem pemilihan ini, aplikasi ini dapat membantu memberikan acuan dalam menentukan karyawan teladan berdasarkan kriteria-kriteria yang diberikan. Dengan adanya sistem penilaian karyawan teladan yang menggunakan metode  Weighted Product ini dapat dipergunakan sebagai salah satu alat untuk pengambilan keputusan dalam memilih karyawan yang layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Rohmah and D. Remawati, “Penerapan Metode Weighted Product (WP) untuk Penerimaan Pegawai Baru di PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Surakarta,” pp. 41–58.

N. N. Dzikrulloh and B. D. Setiawan, “Penerapan Metode K –Nearest Neighbor (KNN) dan Metode Weighted Product (WP) Dalam Penerimaan Calon Guru dan Karyawan Tata Usaha Baru Berwawasan Teknologi (Studi Kasus: Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Kediri),” vol. 1, no. 5, pp. 378–385, 2017.

E. Turban, J. E. Aronson, and T. P. Liang, Decision Support Systems and Intelligent Systems, 7th ed. New Jersey: Penerbit Andi, 2005.

D. M. Khairina, D. Ivando, and S. Maharani, “Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android,” vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2016.

N. K. Aulia, T. Widiharih, and A. Hoyyi, “Pemilihan Helm Terfavorit dengan Madm Berbasis GUI Matlab (Studi Kasus: Pemilihan Helm Terfavorit oleh Mahasiswa FSM Undip, Semarang),” vol. 6, pp. 419–428, 2017.
Published
2021-01-31
How to Cite
[1]
D. Arya Faturahman and M. Mufti, “IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT UNTUK PEMILIHAN KARYAWAN TELADAN BERBASIS WEB PADA PT. DANA PURNA INVESTAMA”, SKANIKA, vol. 4, no. 1, pp. 58-65, Jan. 2021.