IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI RC4 UNTUK KEAMANAN DATABASE APLIKASI PENGGAJIAN KARYAWAN BERBASIS WEB PADA PT. TRANS INTRA ASIA

  • Andre Setiawan Teknologi informatika
  • Titin Fatimah Teknologi Informatika

Abstract

Trans Intra Asia adalah perusahaan yang bergerak di bidang consultant management yang mempuyai 70 karyawan. Setiap bulannya Perusahaan melakukan penggajian terhadap karyawan dimana data yang disimpan dalam database yang memiliki keamanan mudah dicuri karena hanya memakai keamanan database yang sewaktu–waktu bisa saja dicuri atau digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi perlu dibuat aplikasi keamanan database untuk mengamankan data penggajian karyawan. Teknik kriptografi menjadi salah satu solusi yang perlu digunakan untuk pengamanan database. Adapun metode kriptografi yang digunakan algoritma RC4 (Rivest Code 4) yang termasuk kunci simetris, yaitu kriptografi yang menggunakan kunci enkripsi yang sama dengan dekripsinya. Kelebihan kriptografi kunci simetris adalah proses enkripsi dan dekripsi membutuhkan waktu yang cukup singkat, untuk ukuran kunci simetris relatif lebih pendek dan dapat dipergunakan untuk membangkitkan bilangan acak. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Prepocessor) dengan database MySQL. Hasil penelitian ini menunjukkan data penggajian karyawan pada  perusahaan dapat terjaga kerahasiaannya karena menggunakan proses enkripsi lebih dahulu sehingga data penggjian lebih aman dan terhindar dari pencurian data atau digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Rohmah and D. Remawati, “Penerapan Metode Weighted Product (WP) untuk Penerimaan Pegawai Baru di PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Surakarta,” pp. 41–58.

N. N. Dzikrulloh and B. D. Setiawan, “Penerapan Metode K –Nearest Neighbor (KNN) dan Metode Weighted Product (WP) Dalam Penerimaan Calon Guru dan Karyawan Tata Usaha Baru Berwawasan Teknologi (Studi Kasus: Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Kediri ),” vol. 1, no. 5, pp. 378–385, 2017.

E. Turban, J. E. Aronson, and T. P. Liang, Decision Support Systems and Intelligent Systems, 7th ed. New Jersey: Penerbit Andi, 2005.

D. M. Khairina, D. Ivando, and S. Maharani, “Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android,” vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2016.

N. K. Aulia, T. Widiharih, and A. Hoyyi, “Pemilihan Helm Terfavorit Dengan Madm Berbasis Gui Matlab (Studi Kasus: Pemilihan Helm Terfavorit oleh Mahasiswa FSM Undip, Semarang),” vol. 6, pp. 419–428, 2017.
Published
2021-01-31
How to Cite
[1]
A. Setiawan and T. Fatimah, “IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI RC4 UNTUK KEAMANAN DATABASE APLIKASI PENGGAJIAN KARYAWAN BERBASIS WEB PADA PT. TRANS INTRA ASIA”, SKANIKA, vol. 4, no. 1, pp. 66-71, Jan. 2021.