IMPLEMENTASI ALGORITME AES 128 UNTUK APLIKASI SERAH TERIMA DOKUMEN PROJECT PADA PT TELKOMSIGMA

  • Dahlia Damayanti Rusnadi Teknik Informatika
  • Noni Juliasari Teknik Informatika
Keywords: keamanan, kriptografi, AES 128, Algoritme

Abstract

Telkomsigmamempunyai data yang penting untuk disimpan dalam komputer. Namun jika data disimpan tetapi tidak ada dengan pengamanan yang baik maka data tersebut mudah dicuri atau diubah oleh yang tidak berkepentingan dengan data tersebut. Proses serah terima pekerjaan secara manual rentan terhadap kerahasiaan dokumen karena proses serah terima secara manual biasanya mengirimkan dokumen dalam bentuk hardcopy. Oleh karena itu diperlukan suatu aplikasi yang dapat membantu proses serah terima pekerjaan tersebut. Dengan mengutamakan keamanan pada dokumen yang dikirim diperlukan metode pengamanan dengan systemkriptografi. Metode yang digunakan adalah Advanced Encryption Standard (AES) 128 dengan menggunakan kunci enkripsi dan dekripsi yang sama. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan proses serah terima pekerjaan menjadi lebih mudah dan aman, sehingga dokumen yang diserahterimakan dapat tersampaikan dengan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyus, Doni. 2008. Pengantar ilmu Kriptografi, Teori, analisis dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ariyus, Doni 2006. Kriptografi Keamanan Data dan Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gumira, Gilang. Khairil, Emawati, dan Erlansari, Aan. (2016). Implementasi Metode Advanced Encryption Standard(AES) dan Message Digest 5 (MD5) Pada Enkripsi Dokumen. Jurnal Rekursif, 4(3).

Howard, John D. “An Analysis Of Security Incidents on The Internet 1989 -1995,” Ph.D Thesis, Engineering and Public Policy, Carnegie Mellon University, 1997.

Ilyas, Imron Abdul. dan Widodo, Suryarini. (2014). Kriptografi File Menggunakan Metode AES Dual Password, Jurnal Ilmiah.
Published
2021-07-31
How to Cite
[1]
D. Rusnadi and N. Juliasari, “IMPLEMENTASI ALGORITME AES 128 UNTUK APLIKASI SERAH TERIMA DOKUMEN PROJECT PADA PT TELKOMSIGMA”, SKANIKA, vol. 4, no. 2, pp. 99-104, Jul. 2021.