PENGAMANAN DATA PADA APLIKASI ANDROID DENGAN ALGORITMA BLOWFISH DAN AES-128 (STUDI KASUS PADA FITUR BLUCAREER APLIKASI BLUCAMPUS UNIVERSITAS BUDI LUHUR)

  • Khaeri Diniari Universitas Budi Luhur
  • Achmad Solichin Universitas Budi Luhur

Abstract

Pengembangan fitur BluCareer pada aplikasi BluCampus yang dimiliki Universitas Budi Luhur bertujuan untuk mempermudah pengguna yang memiliki kemampuan tertentu dan ingin membuka sebuah kelas belajar serta mempermudah pengguna lain dalam mencari kelas belajar untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan yang mereka miliki. BluCareer juga sangat memperhatikan keamanan data, bagi penulis hal ini sangat dianggap penting untuk menghidari pemalsuan data. Penulis menerapkan algoritma kriptografi Blowfish dan AES-128 yang diharapkan dapat menjaga kerahasiaan dan keaslian data, sehingga pihak yang tidak bertanggung jawab tidak dapat memanipulasi data pada fitur BluCareer pada aplikasi BluCampus. Hasil dari penelitian ini diimplementasikan dalam program aplikasi BluCampus yang dapat memberikan kemudahan pada kebutuhan berbagi kelas bagi setiap pengguna BluCampus. Di dalam implementasi fitur Blu Career mampu memiliki fungsi yang sesuai untuk mempermudah kebutuhan pengguna dalam memproses berbagi kelas serta memiliki User Interface dan User Experience yang cukup memuaskan dalam pengalaman pemakaian aplikasi oleh pengguna. Kelemahan dari aplikasi yang dikembangkan adalah masih sering terjadi error, hang, bahkan crash pada beberapa perangkat sehingga masih terus dikembangkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-05
How to Cite
[1]
K. Diniari and A. Solichin, “PENGAMANAN DATA PADA APLIKASI ANDROID DENGAN ALGORITMA BLOWFISH DAN AES-128 (STUDI KASUS PADA FITUR BLUCAREER APLIKASI BLUCAMPUS UNIVERSITAS BUDI LUHUR)”, SKANIKA, vol. 1, no. 2, pp. 469-474, May 2018.

Most read articles by the same author(s)