PENERAPAN METODE BASED TRACKING SEBAGAI MEDIA INFORMASI PADA MUSEUM SENI RUPA DAN KERAMIK JAKARTA

  • Abdul Nasir Teknik Informatika
  • Utomo Budiyanto Teknik Informatika

Abstract

Saat  ini  banyak  sekali  tempat  hiburan  yang  menerapkan  berbagai  teknologi  untuk  menarik  minat

masyarakat. Sehingga membuat tempat museum kurang diminati oleh masyarakat, karena kurang menariknya penyajian dari museum tersebut dalam mengenalkan benda sejarah yang ada didalamnya. Sehingga membuat masyarakat enggan mengunjunginya dikarenakan terlalu membosankan bagi mereka. Teknologi saat ini diharapkan mampu membuat proses pembelajaran mengenal benda museum dengan lebih canggih dan menarik. maka dari itu pihak Museum Seni Rupa dan Keramik sangat mendukung aplikasi augmented Reality (AR). Tujuan penelitian ini untuk menggunakan aplikasi augmented reality (AR) diharapkan pengelola museum Seni Rupa dan Keramik dapat menarik minat masyarakat dalam mengunjungi museum untuk mengenal benda sejarah dengan cara yang berbeda. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pengelola dalam proses pengenalan benda seni dan sejarah, sehingga mengunjungi museum lagi tidak menjadi hal yang membosankan lagi dan sehingga membuat masyarakat lebih mengenal karya seni dan benda sejarah yang ada. Dalam penelitian ini menggunakan metode Marker Based Tracking dengan bantuan aplikasi Unity 3D dan Vuforia untuk membuat aplikasi augmented reality (AR). Hasil Use Acceptance Test dari penelitian ini mendapatkan hasil yang baik dari masyarakat pengunjung museum dengan skor 393 dari 500

Published
2021-01-31
How to Cite
Nasir, A., & Budiyanto, U. (2021). PENERAPAN METODE BASED TRACKING SEBAGAI MEDIA INFORMASI PADA MUSEUM SENI RUPA DAN KERAMIK JAKARTA. SKANIKA, 4(1), 1-7. Retrieved from https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/SKANIKA/article/view/2467