PENERAPAN METODE BASED TRACKING SEBAGAI MEDIA INFORMASI PADA MUSEUM SENI RUPA DAN KERAMIK JAKARTA

  • Abdul Nasir Teknik Informatika
  • Utomo Budiyanto Teknik Informatika

Abstract

Saat ini banyak sekali tempat hiburan yang menerapkan berbagai teknologi  untuk  menarik minat masyarakat. Sehingga membuat tempat museum kurang diminati oleh masyarakat, karena kurang menariknya penyajian dari museum tersebut dalam mengenalkan benda sejarah yang ada didalamnya. Sehingga membuat masyarakat enggan mengunjunginya dikarenakan terlalu membosankan bagi mereka. Teknologi saat ini diharapkan mampu membuat proses pembelajaran mengenal benda museum dengan lebih canggih dan menarik. maka dari itu pihak Museum Seni Rupa dan Keramik sangat mendukung aplikasi augmented Reality (AR). Tujuan penelitian ini untuk menggunakan aplikasi augmented reality (AR) diharapkan pengelola museum Seni Rupa dan Keramik dapat menarik minat masyarakat dalam mengunjungi museum untuk mengenal benda sejarah dengan cara yang berbeda. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pengelola dalam proses pengenalan benda seni dan sejarah, sehingga mengunjungi museum lagi tidak menjadi hal yang membosankan lagi dan sehingga membuat masyarakat lebih mengenal karya seni dan benda sejarah yang ada. Dalam penelitian ini menggunakan metode Marker Based Tracking dengan bantuan aplikasi Unity 3D dan Vuforia untuk membuat aplikasi augmented reality (AR). Hasil Use Acceptance Test dari penelitian ini mendapatkan hasil yang baik dari masyarakat pengunjung museum dengan skor 393 dari 500.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. A. Setyawan et al., “Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking Pada Augmented Reality Alat Musik Tradisional Jawa Tengah”, Jurnal SIMETRIS, vol.7, no.1, pp. 295–304, 2016.

M. E. Apriyani and R. Gustianto, “Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker,” Jurnal INFOTEL–Informatic, Telecommunication, and Electronics,vol.7,no.1, p. 47-52,2015.

F. Z. Adami and C. Budi Hartanti, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android”, Jurnal Teknik Komputer Amik BSI, vol. II no. 1, pp.122–131, 2016.

M. Masriand E. Lasmi,“Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Markerless,”vol. 4, no. 1, pp. 40–47, 2019.
Published
2021-01-31
How to Cite
[1]
A. Nasir and U. Budiyanto, “PENERAPAN METODE BASED TRACKING SEBAGAI MEDIA INFORMASI PADA MUSEUM SENI RUPA DAN KERAMIK JAKARTA”, SKANIKA, vol. 4, no. 1, pp. 31-37, Jan. 2021.