Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Usaha Strategis Dengan Metode Naïve Bayes Classifier

  • Riki Aldi Pari Universitas Budi Luhur
  • Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti Universitas Budi Luhur

Abstract

English Muslim merupakan Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris. Pihak English Muslim ingin membuka cabang baru atau berpindah lokasi, namun mengalami kesulitan dalam hal menentukan lokasi usaha yang strategis. Menentukan lokasi usaha untuk English Muslim bukan hal yang mudah, dikarenakan apabila lokasi usaha ini tidak terlihat atau tidak terjangkau maka akan sangat sulit untuk berkembang. Berdasarkan pemaparan tersebut dibutuhkannya salah satu metode yang dapat menentukan lokasi usaha yang strategis. Salah satu metode tersebut adalah Data Mining dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier. Data awal yang di gunakan pada data mining yaitu data survei dari lembaga kursus yang bekerja sama dengan English Muslim. Penelitian menyajikan perhitungan Naïve Bayes dalam menentukan lokasi usaha yang strategis, atribut yang digunakan price year, business completeness, target, competitors, position location, wide street, dan public transportation. Metode Naïve Bayes tersebut diimplementasikan dalam sebuah sistem penentu lokasi usaha yang strategis, berbasis web dengan bahasa pemprograman Java dan Framework Zkoss. Hasil penelitian aplikasi ini menunjukan bahwa pihak English Muslim dapat menentukan lokasi usaha stategis atau tidaknya dengan kecepatan waktu yang berjalan cepat, dilihat dari pengujian aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
R. A. Pari and D. V. S. Y. Sakti, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Usaha Strategis Dengan Metode Naïve Bayes Classifier ”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 889-896, Jul. 2018.