Implementasi Enkripsi Email Steganografi Dan Kriptografi Menggunakan Metode End Of File Dan Algoritma Rc 4 (Rivest Code 4) Berbasis Java Desktop Pada Pt. Biru Sentra Perkasa

  • Ari Komala Sari Universitas Budi Luhur
  • Subandi Subandi Universitas Budi Luhur

Abstract

Email adalah salah satu teknologi yang paling disenangi orang saat ini. Dengan menggunakan email kita tidak perlu repot pergi ke kantor pos atau jasa pengiriman lainnya untuk mengirimkan suatu informasi. Email juga memberikan fasilitas yang cukup memadai kita bisa mengirimkan dokumen yang penting melalui internet. Dan kita juga tidak perlu untuk bertemu dengan penerima informasi. Faktor inilah yang menjadi alasan PT. Biru Sentra Perkasa menggunakan email sebagai media pertukaran informasi.Dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini dan diimbangi dengan tingkat kriminal dunia maya atau cybercrime yang merajalela. Tidak jarang akun email dari seseorang menjadi korban dari serangan para Hacker yang melakukan cybercrime, baik itu melalui teknik phising, keylogger, wifisniffing, maupun social engineering untuk mendapatkan password dan segala data yang ada dalam akun tersebut. Dari uraian permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka penulis berusaha untuk membuat sebuah aplikasi untuk melakukan pengamanan email seseorang dengan menerapkan algoritma kriptografi RC 4 (Rivest Code 4) dan metode steganografi EOF (End Of File), aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman Java berbasis desktop. Aplikasi ini dapat mengamankan dan menjaga kerahasiaan data dan informasi pada PT. Biru Sentra Perkasa dari terjadinya pencurian dan manipulasi data oleh pihak yang tidak berkepentingan.Data yang dapat dienkripsi dan disisipkan dengan format berupa fileword (.docx), file excel (.xlsx), file power point (.pptx), dan file pdf (.pdf) sedangkan untuk file penampung data rahasia berupa file gambar yang berjenis .jpg, .png, .bmp. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan pengguna dapat mengirimkan pesan yang sifatnya rahasia karena telah termanipulasi dengan aplikasi tersebut tanpa adanya rasa takut apabila ada seseorang yang tidak bertanggung jawab melakukan pembajakan email.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
A. K. Sari and S. Subandi, “Implementasi Enkripsi Email Steganografi Dan Kriptografi Menggunakan Metode End Of File Dan Algoritma Rc 4 (Rivest Code 4) Berbasis Java Desktop Pada Pt. Biru Sentra Perkasa”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 911-918, Jul. 2018.

Most read articles by the same author(s)