Implementasi Kriptografi Dengan Algoritma Vigenere Cipher, Aes 128 Dan Rc 4 Untuk Aplikasi Pesan Instan Berbasis Android

  • Rizki Prabowo Universitas Budi Luhur
  • Wahyu Pramusinto Universitas Budi Luhur

Abstract

Penggunaan teknologi telepon genggam seperti handphone sebagai alat telekomunikasi pada saat ini telah mengubah cara pandang masyarakat untuk berkomunikasi. pengiriman pesan melalui internet dengan menggunakan aplikasi chatting yang dimiliki oleh seseorang merupakan hal penting dalam pengiriman pesan teks yang dapat mengakses informasi tersebut. Salah satu yang harus benar-benar dijaga adalah pesan yang bersifat rahasia karena jika pesan tersebar maka akan berdampak buruk pada kita. Salah satu cara yang biasa digunakan adalah dengan enkripsi. Enkripsi adalah proses untuk menyamarkan atau menyandikan pesan. Untuk merahasiakan pesan instan yang dikirim, maka dalam penelitian ini akan dibuat aplikasi chatting berbasis android yang menggunakan metode Vigenere Chiper, AES 128 bit , RC4 yang diharapkan dapat mengamankan pesan antara notaris dan client agar data percakapan yang dikirimkan tidak mudah dibaca oleh pihak yang tidak berkepentingan. Aplikasi chatting yang dibuat berbasis android dengan bahasa pemrograman Java ini dapat mengamankan pesan yang disampaikan diketahui pihak yang tidak berkepentingan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
R. Prabowo and W. Pramusinto, “Implementasi Kriptografi Dengan Algoritma Vigenere Cipher, Aes 128 Dan Rc 4 Untuk Aplikasi Pesan Instan Berbasis Android”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 931-937, Jul. 2018.

Most read articles by the same author(s)