Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa Pada Smk Tunas Grafika Infromatika Berbasis Desktop Dengan Metode Simple Additive Weighting

  • Retsya Andany Putri Universitas Budi Luhur
  • Utomo Budiyanto Universitas Budi Luhur

Abstract

Proses penyeleksian penerima beasiswa di SMK Tunas Grafika Informatika menggunakan Ms. Excel untuk melakukan perhitungan, akan tetapi saat ini belum ada penerapan metode yang objektif dalam menyeleksi siswa yang berhak menerima beasiswa. Untuk menghindari unsur subjektif dalam melakukan penyeleksian penerima beasiswa, maka tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan suatu aplikasi sistem pendukung keputusan yang mudah digunakan dan dapat membantu pengambil keputusan membuat keputusan dengan proses yang objektif dalam menyeleksi siswa yang berhak menerima beasiswa, sehingga penerima beasiswa yang ditentukan tepat sasaran. Metode yang digunakan untuk sistem ini yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena dapat menentukan nilai bobot untuk masing-masing atribut/kriteria, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan untuk menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang tersedia, dimana alternatif disini adalah siswa yang berhak menerima beasiswa di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi, manfaat yang dapat diperoleh dengan mengimplementasikan metode SAW yaitu sistem yang dibangun dapat membantu pengambil keputusan melakukan penyeleksian penerima beasiswa secara objektif. Hasil uji akurasi dari hasil perhitungan penyeleksian penerima beasiswa di sekolah tersebut dengan hasil perhitungan menggunakan aplikasi ini yaitu 60%. Sedangkan persentase hasil pengujian kuesionernya yaitu 78,8%, yang berarti secara keseluruhan responden setuju bahwa aplikasi sistem pendukung keputusan beasiswa mudah digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
R. A. Putri and U. Budiyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa Pada Smk Tunas Grafika Infromatika Berbasis Desktop Dengan Metode Simple Additive Weighting”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 944-949, Jul. 2018.