Implementasi Dan Pembuatan Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Karyawan Di Pt Genesis Indotama Teknologi Menggunakan Metode Weighted Product Berbasis Web

  • Cherish Iraqitri Putra Universitas Budi Luhur
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Universitas Budi Luhur

Abstract

Perkembangan sebuah perusahaan terletak pada sumber daya manusia yang dimiliki. Proses untuk mendapatkan sumber daya manusia yang unggul diperoleh dengan cara rekrutmen / penyeleksian karyawan. PT Genesis Indotama Teknologi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang distributor alat peraga dan teknologi. Sebagai perusahaan yang melayani lebih dari 120 Universitas dan Politeknik Negeri di seluruh Indonesia. PT Genesis Indotama Teknologi membutuhkan karyawan yang dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Proses seleksi karyawan yang dilakukan saat ini masih menggunakan sistem administrasi dan seleksi calon karyawan secara manual. Sehingga, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menentukan karyawan. Kriteria yang dibutuhkan untuk mendapatkan proses seleksi meliputi skill, analisa, pengalaman kerja, komunikasi dan penampilan.Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada saat ini, peneliti mencoba menggunakan metode weighted product. Tahap pertama yang dilakukan adalah pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara terhadap objek masalah yang dihadapi. Kemudian melakukan identifikasi masalah dengan cara pembuatan analisis PIECES, pembuatan analisa proses bisnis menggunakan workflow, ERD, DFD dan implementasi pembuatan program menggunakan PHP dan MySQL. Sistem penunjang keputusan yang dihasilkan berbasis website dan dapat menghasilkan data nilai kriteria dan laporan hasil perangkingan dari masing-masing alternatif PT Genesis Indotama Teknologi. Dari data pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem menghasilkan penyeleksian karyawan menggunakan metode weighted product dengan melihat hasil nilai vektor terbesar pada masing-masing alternatif dan dapat digunakan manager untuk bahan pertimbangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
C. I. Putra and F. Ferdiansyah, “Implementasi Dan Pembuatan Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Karyawan Di Pt Genesis Indotama Teknologi Menggunakan Metode Weighted Product Berbasis Web”, SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, vol. 1, no. 3, pp. 987-994, Jul. 2018.