Sistem Pendukung Keputusan (Spk) Menentukan Program Keahlian Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Berbasis Web Pada Smk Yuppentek 2

  • Aldian Syahputra Universitas Budi Luhur
  • Haris Munandar Universitas Budi Luhur

Abstract

Kegiatan penentuan paket keahlian siswa merupakan rutinitas suatu sekolah menenngah kejuruan (SMK) dalam meningkatkan kualitas internal secara bekerlanjutan sebagai program dan pengembangan institusi pendidikan. SMK YUPPENTEK 2 Tangerang melakukan penentuan paket keahilan siswa pada saat menginjak semester kedua. Namun hasil penentuan jurusan atau paket keahlian yang didapat belumlah maksimal. Hal ini disebabkan belum adanya suatu sistem dalam menentukan jurusan atau paket keahlian siswa di program studi Teknik Komputer Informatika. Semala ini penentuan paket keahlian siswa dilakukan dengan menggunakan spreadsheet untuk mengolah data nilai rapot dan kuisoner angket minat dan bakat yang diisi oleh siswa maupun siswi sebelum ujian akhir semester dimulai, namun hal ini tidaklah maksimal dikarnakan hasil yang didapat tidak akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem pendukung keputusan penetuan paket keahlian menggunakan algoritma Simple Additive Weighting berbasis web menggunakan bahasa pemograman PHP. Pengembangan sistem pendukung keputusan program keahlian siswa akan menghasilkan sebuah informasi yang akaurat nantinya akan dijadikan sebagai pendukung keputusan untuk menentukan paket keahlian para siswa khususnya di program studi Teknik Komputer Informatika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
A. Syahputra and H. Munandar, “Sistem Pendukung Keputusan (Spk) Menentukan Program Keahlian Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Berbasis Web Pada Smk Yuppentek 2”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 995-1002, Jul. 2018.