Implementasi Algoritma Kriptografi Caesar Cipher Dan Algoritma Kompresi Huffman Untuk Mengamankan Pesan Chatting Pada Aplikasi Berbasis Web Di PT. Tasindo Mandiri Indonesia

  • Soni Soni Universitas Budi Luhur
  • Windarto Windarto Universitas Budi Luhur

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada zaman ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam berkomunikasi melalui bermacam-macam media tanpa memperhitungkan jarak dan waktu. Penggunaan interkonektivitas sudah menjadi kebutuhan sekunder yang sangat mendasar,karena hampir semua media yang digunakan untuk bertukar informasi sudah menggunakan interkonektivitas jaringan internet. Namun kemudahan dalam menggunakan media komunikasi membawa dampak bagi keamananan informasi dalam menggunakan media tersebut. Informasi menjadi sangat rentan untuk diketahui oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Pada PT. Tasindo Mandiri Indonesia ini perusahaan yang bergerak di bidang Manufactures of Soft Bags, chatting merupakan salah satu media informasi yang sering digunakan untuk mengirim pesan di setiap departemen. Setiap informasi tidak boleh dipublikasikan ke sembarang departemen yang lain, karena dikhawatirkan terjadi pencurian informasi terutama jika ternyata informasi yang dicuri akan digunakan untuk hal-hal yang merugikan PT. Tasindo Mandiri Indonesia. Dari fenomena tersebut maka dibutuhkan sebuah metode untuk menjaga sebuah kerahasiaan pesan yang dikirim dan tersimpan ke dalam database melalui aplikasi chatting. Metode yang dimaksud adalah dengan cara proses enkripsi. Dengan aplikasi kriptografi yang menerapkan algoritma Caesar Cipher dan kompresi Huffman, diharapkan pesan atau informasi yang dikirim atau diterima melalui chatting akan aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pada Penelitian ini dirancanglah sebuah sistem aplikasi berbasis web berupa aplikasi chatting yang menggunakan algoritma kriptografi Caesar Cipher untuk enkripsi isi pesan yang tersimpan di dalam database dan algoritma kompresi Huffman untuk kompresi pesan tersebut. Dengan metode enkripsi Caesar Cipher setiap pesan yang tersimpan ke dalam database akan diubah isi dari teks asli menjadi teks yang tidak bisa dibaca, sehingga kerahasiaan data dan informasi tetap terjaga. Kemudian untuk mengefisienkan ruang penyimpanan, pesan tersebut dikompresi dengan menggunakan algoritma kompresi Huffman. Penulis mengambil kesimpulan dengan adanya aplikasi kriptografi Pada PT. Tasindo Mandiri Indonesia ini mampu menjaga dan melindungi kerahasiaan setiap data dan informasi yang tersimpan dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi PT. Tasindo Mandiri Indonesia dalam menjalankan usahanya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
S. Soni and W. Windarto, “Implementasi Algoritma Kriptografi Caesar Cipher Dan Algoritma Kompresi Huffman Untuk Mengamankan Pesan Chatting Pada Aplikasi Berbasis Web Di PT. Tasindo Mandiri Indonesia”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 1079-1085, Jul. 2018.

Most read articles by the same author(s)