Implementasi Kriptografi dengan Algoritma AES-128 dan Blowfish Berbasis Android pada Fitur One-To-One Chat Blucareer Aplikasi Blucampus pada Universitas Budi Luhur

  • Destriyani Destriyani Universitas Budi Luhur
  • Painem Painem Universitas Budi Luhur

Abstract

Bagi kaum milenial masa kini, adanya layanan chatting menjadi salah satu fitur yang paling diharapkan keberadaannya di dalam suatu aplikasi. Melihat belum adanya fitur chatting pada aplikasi BLuCareer maka dihadirkan fitur tersebut agar para pengguna tidak mendapati kendala melakukan percakapan dalam satu ruang yang sama, yaitu tetap pada aplikasi BLuCareer. Namun, kemudahan tersebut memberikan ancaman berupa permasalahan keamanan dan kerahasiaan data. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem pengamanan data yang bertujuan menanggulangi ancaman yang mungkin timbul tersebut, serta meminimalisir rasa khawatir pengguna dalam berkomunikasi menggunakan fitur chatting pada suatu aplikasi. Salah satu ilmu pengamanan data yang terkenal adalah kriptografi, dimana metode algoritma AES dengan penggunaan kunci 128 bit dan algoritma Blowfish akan diterapkan dalam kasus ini. Hasil dari penelitian ini diimplementasikan dalam sebuah fitur aplikasi berbasis Android yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk tetap merasa aman dan nyaman saat melakukan chatting. Hasil pengujian menunjukkan 0.64 detik merupakan rata-rata waktu untuk satu kali proses enkripsi sementara proses dekripsi memerlukan waktu 1.23 detik, sedangkan berdasarkan hasil kuesioner yang terhimpun dari 25 responden didapati bahwa secara keseluruhan seberapa puas mereka dengan fitur chatting ini adalah 12% merasa cukup puas, 32% puas dan 56% merasa sangat puas. Dengan presentase kegagalan mengirim pesan sebesar 12%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
D. Destriyani and P. Painem, “Implementasi Kriptografi dengan Algoritma AES-128 dan Blowfish Berbasis Android pada Fitur One-To-One Chat Blucareer Aplikasi Blucampus pada Universitas Budi Luhur”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 1108-1115, Jul. 2018.

Most read articles by the same author(s)