Aplikasi Pengamanan File Email Dengan Metode Kriptografi Rivest Code 4 (Rc4) Dan Steganografi End Of File (Eof) Pada Pt. Pratama Indomitra Konsultan

  • Faris Nur Abdurrahman Universitas Budi Luhur
  • Purwanto Purwanto Universitas Budi Luhur

Abstract

Pertukaran informasi dan komunikasi dibutuhkan oleh setiap orang, salah satu medianya adalah media elektronik email. Email mampu memberi kemudahan dan kecepatan dalam mengakses. Oleh karena itu, media elektronik ini membawa dampak keamanan. Salah satu dampak nya adalah banyak pihak yang akan mencari cara untuk membobol email untuk mendapatkan dan mencuri informasi yang ada pada email tersebut. Informasi yang didapat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dapat dimanipulasi dan disalahgunakan. Dibutuhkanlah aplikasi untuk pengamanan isi pesan email dan file email. Salah satu caranya dengan menggunakan kriptografi dan steganografi algoritma Rivest Code 4 (RC4) dan End Of File (EoF). PT Pratama Indomitra Konsultan merupakan perusahaan dibidang konsultasi perpajakan dan pelatihan umum. Banyak pertukaran komunikasi dan informasi yang dilakukan melalui email dengan client, salah satunya dokumen TP-Doc dan dokumen pajak. Dokumen tersebut merupakan file rahasia yang harus dijaga keamanannya. Pada penelitian ini, penulis merancang aplikasi pengamanan file email yang digabungkan dengan pengamanan isi pesan email. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan kriptografi dan steganografi algoritma RC4 dan EoF, serta menggunakan bahasa pemprograman Java. Dengan menggunakan algoritma tersebut diharapkan proses enkripsi dan dekripsi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lebih aman. Melalui aplikasi ini, file email dan isi pesan email dapat lebih terjamin keamanannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
F. N. Abdurrahman and P. Purwanto, “Aplikasi Pengamanan File Email Dengan Metode Kriptografi Rivest Code 4 (Rc4) Dan Steganografi End Of File (Eof) Pada Pt. Pratama Indomitra Konsultan”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 1143-1147, Jul. 2018.

Most read articles by the same author(s)