Pemanfaatan Metode Kriptografi Gost Dan Aes-128 Untuk Aplikasi Pengamanan Email Berbasis Web Pada CV. Gading Swadaya Perkasa

  • Hanithio Juwono Universitas Budi Luhur
  • Pipin Farida Ariyani Universitas Budi Luhur

Abstract

CV. GADING SWADAYA PERKASA merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan air baik itu air bersih, air limbah serta air industri untuk boiler/ ketel uap serta beberapa alat penukar panas lainnya. Dalam melakukan proses bisnisnya, CV. GADING SWADAYA PERKASA sering kali menggunakan surat elektronik atau (e-mail) untuk mengirim berbagai macam pesan dan dokumen yang diperlukan dalam bertransaksi dengan perusahaan lain. Dokumen tersebut adalah dokumen yang rahasia karena berisi data perusahan,nominal transaksi dan dokumen lain yang bersifat rahasia sehingga diperlukan pengamanan dokumen dan pesan yang dikirimkan melalui e-mail. Pengamanan informasi atau pesan tersebut bertujuan agar tidak jatuh ke orang – orang yang salah. Cara yang dapat digunakan untuk megamankan dokumen rahasia pada surat elektronik (e-mail) adalah menggunakan teknik kriptografi. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan aplikasi yang mampu menjaga kerahasiaan informasi atau pesan yang bersifat rahasia dan mengamankan file dan proses komunikasi melalui surel (email) yang tidak dapat diketahui oleh orang lain yang tidak berhak, serta menghasilkan aplikasi enkripsi surat elektronik (e-mail) yang mudah dimengerti dan digunakan oleh pengguna. Teknik kriptografi yang penulis gunakan adalah Algoritma AES (Advanced Encryption Standard) 128 dan GOST (Government Standard). Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Php berbasis web (Internet), Dari hasil pengujian aplikasi ini berhasil melakukan proses enkripsi dan dekripsi pada body email dan file attachment. Dengan adanya proses pengamanan ini dapat memecahkan masalah pada CV. GADING SWADAYA PERKASA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
H. Juwono and P. F. Ariyani, “Pemanfaatan Metode Kriptografi Gost Dan Aes-128 Untuk Aplikasi Pengamanan Email Berbasis Web Pada CV. Gading Swadaya Perkasa”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 1162-1167, Jul. 2018.