Implementasi Kriptografi Dengan Algoritma Base64 Dan Advance Encryption Standard Untuk Mengamankan Data Email Berbasis Web

  • Dimas Bayu Nurcahyo Universitas Budi Luhur
  • Safrina Amini Universitas Budi Luhur

Abstract

Hingga saat ini teknologi informasi berkembang dengan cepat, sehingga semua orang dapat bertukar informasi melalui media komunikasi apapun. Pengiriman atau pertukaran data merupakan hal yang selalu terjadi dalam dunia teknologi informasi, salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah adalah email. PT. Semanta Mulia Transport adalah perusahaan swasta yang bergerak dibidang jasa transportasi yang mempunyai banyak rekanan bisnis maupun pelanggan dipulau jawa maupun diluar pulau jawa. Sehingga dilakukan transaksi elektronik menggunakan email untuk pengiriman surat penawaran bus, invoice tagihan sewa bus, gaji karyawan dan file lainnya yang harus dilindungi agar terhindar dari pencurian dan penyalahgunaan dari file-file tersebut, serta untuk menghindari terjadinya akses terhadap file-file tersebut dari pihak yang tidak berkepentingan. Untuk meminimalisasi serangan terhadap transmisi data, dapat dilakukan dengan menggunakan teknik kriptografi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pengamanan email pada pesan email dan file attachment-nya dengan mengimplementasikan algoritma kriptografi base64 dan Advanced Encryption Standard-128. Dengan aplikasi ini, keamanan dalam mengirim dan menerima email dapat terjamin. Walaupun pesan email bisa diambil orang lain tetapi mereka tetap tidak akan bisa membacanya karena teks tertampil dalam dengan kata-kata acak dan tidak beraturan yang sulit di mengerti. Sehingga dapat mengambil kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat membuat email menjadi lebih aman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
D. B. Nurcahyo and S. Amini, “Implementasi Kriptografi Dengan Algoritma Base64 Dan Advance Encryption Standard Untuk Mengamankan Data Email Berbasis Web”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 1187-1194, Jul. 2018.

Most read articles by the same author(s)