Implementasi Data Mining Dengan Metode Association Rule Pada Aplikasi Business Analytic Data Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori

  • Ahya Ulumuddin Universitas Budi Luhur
  • Safitri Juanita Universitas Budi Luhur

Abstract

Toko Ridho Ibu merupakan toko serba ada (toserba). Data penjualan di Toko Ridho Ibu selama ini tidak tersusun dengan baik, sehingga data tersebut hanya berfungsi sebagai arsip dan tidak dapat dimanfaatkan untuk pengembangan strategi pemasaran. Data penjualan yang semakin besar serta dikaikan dengan tingkah laku pembeli yang selalu berubah-ubah menuntut diciptakannya suatu teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Teknologi yang dapat menangani jumlah data yang besar adalah data mining dengan teknik association rule. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode waterfall. Dari penelitian ini dihasilkan, aplikasi business analytic dengan bahasa pemrograman Java dan database MySql untuk menunjang implementasi data mining metode association rule algoritma apriori pada database transaksi penjualan. Penerapan Algoritma Apriori dalam menentukan frekuensi tinggi itemset serta memprediksi persediaan barang di waktu yang akan datang dihasilkan proses association rules dengan algoritma apriori dengan nilai support 0,1 dan nilai confidence 0,5 didapatkan aturan asosiasi yang kuat, yakni jika seorang pembeli membeli Indomie Ayam Bawang dan Teh Botol Sosro maka pembeli tersebut juga membeli A Mild. Kejadian tersebut memiliki nilai support 0,1 dan nilai confidence 0,8333.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
A. Ulumuddin and S. Juanita, “Implementasi Data Mining Dengan Metode Association Rule Pada Aplikasi Business Analytic Data Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 1212-1218, Jul. 2018.