Aplikasi Monitoring Dan Kendali Suhu Panas Ruang Server Menggunakan Sensor Dht22, Sensor Gerak PIR, Mikrokontroler Arduino Uno R3 Dan Cc3000 Wifi Dengan Notifikasi Email

  • Wirawan Satyadi Universitas Budi Luhur
  • Siswanto Siswanto Universitas Budi Luhur

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat aplikasi dapat memantau ruang Server selama 24 jam yang apabila suhu dalam ruangan melewati batas yang telah ditentukan, maka aplikasi akan mengirimkan informasi kepada Administrator atau petugas ruang Server melalui e-Mail (Electronic Mail) dan juga aplikasi ini dilengkapi dengan Sensor PIR (Passive Infrared Receiver) yang dapat mendeteksi gerak ketika ada orang yang masuk ke dalam ruang Server tanpa seijin Administrator. Rancang bangun sistem monitoring dan kontrol ruangan Server berbasis Arduino Uno R3 dapat memantau keadaan suatu ruangan Server dengan bagian-bagian yang akan dipantau seperti mengetahui suhu ruangan dan kelembapan ruangan, dan dapat mengetahui apabila ada yang masuk ke dalam ruangan Server. Pada sistem monitoring suhu dan gerak ini memiliki 2 perangkat lunak dengan fungsi yang berbeda, yaitu CC3000 WiFi dan Web Monitoring. Perancangan sistem monitoring suhu dan gerak ini terdiri dari 1) Alat Input: Sensor DHT22 dan Sensor PIR, 2) Alat Pemroses: Arduino Uno R3 dan CC3000 WiFi Shield, 3) Alat Output: Lampu LED dan Buzzer. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem dapat memantau suhu ruang Server secara online, dapat memantau kondisi ruang Server apabila dimasukki oleh orang pada saat diluar jam kerja, dan Administrator atau petugas ruang Server akan menerima email notifikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
W. Satyadi and S. Siswanto, “Aplikasi Monitoring Dan Kendali Suhu Panas Ruang Server Menggunakan Sensor Dht22, Sensor Gerak PIR, Mikrokontroler Arduino Uno R3 Dan Cc3000 Wifi Dengan Notifikasi Email ”, SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 1229-1236, Jul. 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>