PENGEMBANGAN TEKNIK MENYEMBUNYIKAN PESAN RAHASIA MENGGUNAKAN PENGGABUNGAN METODE STEGANOGRAFI DAN KRIPTOGRAFI CAESAR CIPHER YANG TELAH DIMODIFIKASI DAN SHA-512

  • Angga Kusuma Nugraha Universitas Budi Luhur
  • Yesi Puspita Dewi Teknik Informatika

Abstract

Komunikasi melalui media digital kian hari semakin cepat dan praktis. Dalam hal ini, keamanan menjadi penting karena issue faktor privasi. Steganografi dapat menyembunyikan pesan rahasia dengan cara disisipkan pada media digital, salah satunya gambar atau citra digital. Namun faktor keamanan steganografi belum maksimal. Teknik steganografi semakin menjadi populer oleh karenanya banyak aplikasi yang disediakan untuk mengangungkap pesan rahasia yang ada didalam stego image. Pesan rahasia menjadi dapat diungkap oleh pihak yang tidak seharusnya. Penelitian ini membuat peningkatan keamanan terhadap steganografi dengan kriptografi Caesar Cipher yang telah dimodifikasi dengan membalik urutan pesan rahasia kemudian digeser 5 karakter dan SHA-512, lalu pesan rahasia disisipkan kedalam gambar digital dengan metode Least Significant Bit (LSB). Pengujian dilakukan dengan metode kualitatif yaitu Power Signal Noise Ratio (PSNR) serta perubahan ukuran file dan metode kuantitatif. Hasil evaluasi dari penelitian ini didapatkan bahwa aplikasi penguji mampu menyembunyikan pesan rahasia pada gambar digital dengan ekstensi populer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Anwar, “Implementasi Pengamanan Data Dan Informasi Dengan Metode Steganografi LSB dan Algoritma Kriptografi AES,” J. Format, vol. 6, no. 1, pp. 2089–5615, 2017.

A. M. A., Solikin, and Ismail, Implementasi Steganografi Pada Citra Digital File Gambar Bitmap (BMP) Menggunakan Java dengan Penyisipan pesan ke dalam bit terendah (LSB) bitmap 24 bit. 2012.

“M. Definition of Steganography,” Webster, 2000. http://www.merriam-webster.com/dictionary/steganography.

N. Tiwari and D. M. Shandilya, “Evaluation of Various LSB based Methods of Image Steganography on GIF File Format,” Int. J. Comput. Appl., vol. 6, no. 2, pp. 1–4, 2010, doi: 10.5120/1057-1378.

“Secure Hash Algorithm,” Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/SHA-2.

“Least Significant Bit,” Wikipedia. http://en.wikipedia.org/wiki/Least_significant_bit.

N. D. Nathasia and a. E. Wicaksono, “Penerapan Teknik Kriptografi Stream-Cipher Untuk Pengaman Basis Data,” ICT Research Center UNAS, vol. 6, no.1. pp. 1–22, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Prasetyo, Bambang, and J. L. M., Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2005.

“Signal to noise ratio,” Wikipedia. http://en.wikipedia.org/wiki/Signal-to-noise_ratio.
Published
2021-07-31
How to Cite
[1]
A. Nugraha and Y. Dewi, “PENGEMBANGAN TEKNIK MENYEMBUNYIKAN PESAN RAHASIA MENGGUNAKAN PENGGABUNGAN METODE STEGANOGRAFI DAN KRIPTOGRAFI CAESAR CIPHER YANG TELAH DIMODIFIKASI DAN SHA-512”, SKANIKA, vol. 4, no. 2, pp. 105-111, Jul. 2021.