RANCANG BANGUN BRIDGING SISTEM PENDAFTARAN DAN APLIKASI MOBILE JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN)

  • Amat Basri Universitas Buddhi Dharma
  • Verri Kuswanto Universitas Buddhi Dharma
  • Andi Leo Universitas Buddhi Dharma
Keywords: integrasi sistem, kepuasan pelanggan, mutu pelayanan

Abstract

Teknologi informasi di bidang Kesehatan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan, Salah satu manfaat yang didapat adalah menyediakan layanan infomasi terhadap Kesehatan. Oleh karena itu infrastruktur yang baik dan sistem aplikasi yang saling terintegrasi menghasilkan kemudahan dalam berbagi informasi baik antara pasien dengan rumah sakit. Sistem yang di bangun pada penelitian ini adalah membangun sistem informasi pendaftaran yang terintegrasi dengan aplikasi mobile yang digunakan untuk mempermudah pasien melakukan pendaftaran secara online. Metode Rapid Application Development merupakan gabungan dari berbagai Teknik terstruktur dengan Prototyping dan Teknik pengembangan Joint Apllication untuk mempercepat pengembangan aplikasi. Pengembangan Aplikasi dari metode RAD ini, dilakukan dalam waktu yang relative lebih cepat dan cocok digunakan untuk Sistem Bridging. Proses implementasi menggunakan jaringan lokal. Tahapan pengujian sistem menggunakan metode user acceptance test untuk melakukan validasi terhadap sistem yang dikembangkan berdasakan skenario. Dari hasil analisa data yang diperoleh dari hasil kuesioner yang diberikan kepada pengguna bahwa sistem bridging yang dikembangkan dapat diterima dengan presentasi skor 76% (baik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. H. Murdani and B. L. Bayasut, “Intergrasi Sistem Informasi Pada Tingkatan System Spesification Integration pada Koperasi Karyawan Coca Cola Sier,” Jurnal Ilmu Edutic Pendidikan dan Informatika, vol. 5,no. 2, pp. 74-48, 2019.

I. Aini, Nur; Wicaksono, Satrio Agung; Arwani, “Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no.9, pp. 8647–8655, 2019.

Kendall, Analisa dan Perancangan Sistem, 5th ed. Camden, NewJersey, 2016

T. Tugiman, A. Basri, and B. Daniawan, “Customer Relationship Management System in Medika Lestari Hospitals,” Tech-E, vol. 3, no. 2, pp. 49–56, 2020.

M. S. Maissy P. Babar, “Implemetasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Klinik Valerie Beauty,” Jurnal Informatic Technology and Communication, vol. 3, no.1, pp. 58–63, 2019.

D. Aryani, Malabay, and H. D. Ariessanti, “Penerapan Rapid Application Development (RAD) pada perancangan Tracer Study Berbasis Android,” Jurnal Edik Informatika, vol. 7, no.1, pp. 111-122, 2020.

Rosa A.S. Shalahudin M, Rekayasa Perangkat Lunak Tersetruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2019.

R. S. Pressman, Software Enginering, A Practiti. Yogyakarta: Nugroho, adi et.al, 2012.

Sudaryono, Metodelogi Riset di Bidang IT. Yogyakarta: Andi Nugroho, 2014.

M. Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitain Gabungan. Jakarta: Frenadamedia Group, 2014.
Published
2022-01-28
How to Cite
[1]
A. Basri, V. Kuswanto, and A. Leo, “RANCANG BANGUN BRIDGING SISTEM PENDAFTARAN DAN APLIKASI MOBILE JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN)”, SKANIKA, vol. 5, no. 1, pp. 11-20, Jan. 2022.