SISTEM PAKAR MENDETEKSI GEJALA KERUSAKAN PADA LAPTOP BERBASIS WEB

  • Dewi Apriyanti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Novi Yona Sidratul Munti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Keywords: sistem pakar, kerusakan laptop, certainty factor, web

Abstract

Sekarang ini sudah tidak dipungkiri bahwa teknologi informasi dan komputer merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat mendasar dalam membantu pekerjaan dalam bidang komputerisasi. Bagian atau komponen hardware maupun software laptop dalam jangka waktu tertentu akan mengalami perubahan fisik maupun kerusakan, yang menyebabkan laptop harus diperbaiki. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi pengguna laptop untuk mengetahui cara merawat dan memperbaiki ketika laptop bermasalah, sebelum memutuskan untuk menyerahkannya ke tempat servis. Maka Diperlukan sebuah sistem berbasis web untuk membantu pengguna mengetahui gejala kerusakan pada laptop beserta solusi dan cara penanganannya. Sistem Pakar adalah sistem yang yang mampu mengambil kemampuan dan pengetahuan seorang Pakar untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Certainty Factor yang dapat menggambarkan tingkat keyakinan seorang pakar terhadap masalah yang sedang dihadapi. Sistem pakar untuk mendeteksi gejala kerusakan pada laptop yang sudah diimplementasikan dapat berjalan dengan baik dan dapat mendeteksi gejala kerusakan laptop serta memberikan solusinya. Dengan sistem ini, penulis berharap dapat membantu pengguna laptop untuk mendeteksi gejala kerusakan pada perangkatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. A. Hasibuan, H. Sunandar, S. Alas, and S. Sugiman, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty Factor,” JURASIK, vol. 2, no. 1, pp. 29–39, 2017.

H. T. Sihotang, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor (CF) Berbasis Web,” Jurnal Mantik Penusa, vol. 15, no. 1, pp. 16–23, 2014.

N. Yona Sidratul Munti, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Lupus Eritmatosus Sistem(Les) Dengan Metode Forward Chaining Menggunakan Pemrograman Php dan Mysql,” Jurnal Fasilkom, vol. 9, no. 2, pp. 407–428, 2019.

M. Septiani And S. J. Kuryanti, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Saluran Pernapasan Pada Anak (Studi Kasus: RSAB Harapan Kita Jakarta),” vol. 2, no. 2, pp. 23–27, 2018.

Y. Yunita, "Penerapan Metode Forward Chaining Untuk Deteksi Kerusakan Pada Laptop," Jurnal Techno Nusa Mandiri, vol. 11, no. 1, pp. 1–10, 2014.

Yanto, Hendry and A. Ifbro, “Penerapan Metode Certainty Factor Dalam Perancangan Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Laptop,” Jurnal InTekSis, vol. 3, no. 2, pp. 30–38, 2016.

M. T. Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 3, no. 1, pp. 126–129, 2018.

A. Mubarak, “Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek Abdul Mubarak,” JIKO: Jurnal Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2019.

A. R. Fahindra, I. H. A. Amin, “Sistem Pakar Deteksi Awal Covid-19 Menggunakan Metode Certainty Factor,” Jurnal Teknokompak, vol. 15, no. 1, pp. 92–103, 2019.

M. Susilo, R. Kurniati and Kasmawi, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98-105, 2018.
Published
2022-01-28
How to Cite
[1]
D. Apriyanti and N. Munti, “SISTEM PAKAR MENDETEKSI GEJALA KERUSAKAN PADA LAPTOP BERBASIS WEB”, SKANIKA, vol. 5, no. 1, pp. 92-103, Jan. 2022.