PENERAPAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA PENGEMBANGAN APLIKASI GAME PEMBELAJARAN BUDI PEKERTI
DOI:
https://doi.org/10.36080/skanika.v5i1.2904Keywords:
Game Development Life Cycle, Aplikasi Mobile, Game Edukasi, Budi PekertiAbstract
Kemajuan Teknologi Informasi Merupakan sebuah kenyataan pada perkembangan peradaban dimasyarakat yang memberikan banyak manfaat dalam mengakses informasi dalam berbagai bidang. Kondisi tersebut, turut menjadi pemicu bagi upaya-upaya perubahan dalam sistem pembelajaran atau pendidikan. Model pembelajaran saat ini cenderung harus mengikuti pola Pendidikan yang semakin hari semakin tidak menarik dan membosankan. Pembelajaran ilmu Budi pekerti yang diterapkan di sekolah dasar xyz cenderung hanya memahami konteks pada buku pembelajaran dan tidak diberikan contoh dalam kehidupan nyata. Berdasarkan permasalahan di atas akan dilakukan pembangunan aplikasi mobile game edukasi yang interaktif untuk mempelajari ilmu budi pekerti menggunakan teknologi aplikasi mobile, yang akan menerapkan 3 karakteristik pembelajaran yaitu pembelajaran yang dilakukan dalam lingkup alamiah, pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan pengalaman bermakna kepada siswa dan pembelajaran yang dilaksanakan dalam situasi menyenangkan. Adapun metodologi sistem yang akan digunakan yaitu dengan pendekatan Game Development Life Cycle (GDLC), metode ini akan diterapkan sebagai acuan dalam membangun aplikasi game edukasi sesuai dengan tahapan dan Langkah Langkah dalam membangun aplikasi tersebut. Hasil penelitian ini yaitu aplikasi game edukasi untuk siswa/siswi sekolah dasar yang bermanfaat untuk mengenal nilai nilai budi pekerti dalam kehidupan sehari hari.
Downloads
References
L. D. Pratama, W. Lestari, and A. Bahauddin, “Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik?” At- Ta’lim J. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 39–50, 2019.
H. B. A. Jayawardana, “Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital,” Jurnal Bioedukatika, vol. 5, no. 1, pp. 12-17, 2017.
L. Tommy, B. Isnanto, and R. Rian, “Prototipe Game Cerita Si Budi Untuk Pembelajaran Budi Pekerti,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2015.
Z. Mubarak, “dkk, Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi, Buku Ajar II, Manusia, Akhlak, Budi Pekerti dan Masyarakat.” Depok: Lembaga Penerbit FE UI, 2008.
R. Andriyat Krisdiawan and Darsanto, “Penerapan Model Pengembangan Gamegdlc (Game Development Life Cycle) dalam Membangun Game Platform Berbasis Mobile,” Teknokom, vol. 2, no. 1, pp. 31–40, 2019.
Moch. Kholil, Rafika Akhsani, and Kristinanti Charisma, “Pengembangan Game Edukasi Pilah Sampah berbasis Android 2 Dimensi,” JAMI Jurnal Ahli Muda Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 13–24, 2020.
R. A. Krisdiawan, “Implementasi Model Pengembangan Sistem Gdlc Dan Algoritma Linear Congruential Generator Pada Game Puzzle,” Nuansa Informatika, vol. 12, no. 2, pp. 1–9, 2018.
R. E. Randiani and H. B. Dirgantara, “Pembangunan Gim Edukasi Peraturan Lalu Lintas Kawasan Ganjil Genap di Jakarta Berbasis Android,” Jurnal Buana Informatika, vol. 11, no. 1, pp. 36-46, 2020.
H. B. Dirgantara and P. Windriyani, “Pembangunan Permainan Video Action-Shooter 2 Dimensi Berbasis Desktop Menggunakan Game Maker Studio 1.4,” Kalbiscentia, Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 7, no. 2, pp. 110–115, 2020.
I. W. Fauzy, M. Guntur, and M. R. Ariansyah, “Game Sosialisasi Sejarah Bandung Lautan Api,” vol. 02, no. 02, pp. 44–49, 2020.
A. Kuncoro and A. A. Rismayadi, “Rancang Bangun Aplikasi Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Way Tuba Berbasis Android,” vol. 2, no. 2, pp. 75–82, 2021.